Breaking News:

Pemkab Sergai

Tinjau Pabrik Kanebo di Sumbar, Bupati Darma Wijaya Tertarik Kembangkan Industri Ini di Sergai

Bupati Darma Wijaya mengatakan produk kanebo ini bisa menambah variasi pemanfaatan ubi kayu yang ada di Sergai.

Editor: Satia
Dok. Pemkab Serdangbedagai
Bupati Sergai Darma Wijaya meninjau Pabrik Kanebo, di Desa Kunangan Parit Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Selasa (30/8/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, SERGAI - Sebagai salah satu penghasil ubi kayu terbesar di Sumatera Utara, Bupati Serdangbedagai Darma Wijaya mengaku tertarik untuk mengembangkan bahan baku ini sebagai industri pembuatan kanebo.

Hal ini dikatakannya, usai meninjau Pabrik Kanebo, di Desa Kunangan Parit Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Selasa (30/8/2022).

Didampingi Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Bupati Batubara Zahir, Darma mengatakan produk kanebo ini bisa menambah variasi pemanfaatan ubi kayu yang ada di Sergai.

"Kanebo disini terbuat dari tepung jagung. Setelah bincang-bincang dengan pemiliknya, ternyata bisa juga dibuat dari tepung tapioka. Jadi saya tertarik. Bagaimana kita buat di Sergai dari tepung tapioka," ungkapnya yang turut didampingi Datuk Abu selaku pemilik lahan Pabrik Kanebo.

Jika nantinya terwujud, lanjut Darma, secara otomatis akan membuka lapangan pekerjaan bagi mastarakat Sergai sehingga angka pengangguran dapat ditekan.

"Daripada ekspor ubi kayunya memakan ongkos, lebih baik kita bangun saja pabriknya. Selain ongkos bahan bakunya rendah, pabrik juga pasti akan menyerap tenaga kerja," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Batubara Zahir juga siap bekerjasama dengam Serdang Bedagai dan Sumbar dalam pemasaran ke luar negeri.

"Kalau nantinya kedua pabrik baik di Sumbar dan Sergai ini jalan, kami di Batubara tentu akan siap bekerjasama untuk kegiatan ekspornya. Batubara punya Pelabuhan Kuala Tanjung untuk mengakomodir barang ke luar negeri. Jaraknya juga berdampingan dengan Sergai," imbuhnya.

 

*

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved