Ubah Kebiasaan Bermain Gadget ke Permainan Tradisional

Kegiatan ini mengangkat tema peningkatan pendidikan pelatihan sumber daya manusia kesenian tradisional (permainan tradisional).

Penulis: Husna Fadilla Tarigan | Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/HO
DOKUMENTASI kegiatan main bareng permainan tradisional oleh komunitas Petra beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) mengadakan Pekan Kebudayaan Daerah 2022, yang menghadirkan kegiatan permainan tradisional diikuti pelajar SMP dan SMA dari berbagai daerah di Sumut.

Kegiatan ini mengangkat tema peningkatan pendidikan pelatihan sumber daya manusia kesenian tradisional (permainan tradisional).

Permainan tradisional yang dimainkan pun cukup beragam, mulai dari bermain hadang, congklak, engrang, terompah, dan permainan bolak balik.

Baca juga: Semarakkan HUT Kota Medan ke-432, Ratusan Siswa SD dan SMP Ikuti Pelestarian Permainan Tradisional

Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Sumatra Utara Zumri Sulthony mengatakan, kegiatan seperti ini patutnya memang dilakukan secara berkala, untuk mengalihkan perhatian penuh anak-anak remaja terhadap gawainya.

"Permainan seperti ini mungkin sudah sangat jarang ditemui anak-anak kita saat ini, karena kalah dengan gadget yang di dalamnya sudah ada segala macam permainan. Jadi harapannya beberapa hari ini kita jadi sadar betapa asiknya permainan tradisional tersebut. Bukan hanya gadged yang asik ternyata masih ada permainan tradisional yang tak kalah asik," ujar Zumri dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara Pekan Kebudayaan Daerah 2022 ini, Senin (29/8/2022).

Kegiatan ini akan berlangsung hingga tanggal 31 Agustus 2022 dengan rangkaian acara yang menarik setiap harinya.

Acara ini pun sebelumnya dibuka dengan penampilan kesenian seperti seni reog dan juga ada penampilan dari SMP Negeri 14 Binjai yang membawakan musik kampong khas Melayu.

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved