Karo Memilih

Verifikasi Administrasi Usai, KPUD Karo Tunggu Konfirmasi Parpol Terkait Kegandaan Data

KPUD Kabupaten Karo, telah selesai melakukan proses verifikasi administrasi terhadap berkas pendaftaran Partai Politik (Parpol).

Tribun Medan/Muhammad Nasrul
Komisioner KPUD Karo Divisi Teknis Penyelenggaraan Lotmin Ginting, saat ditemui di Kantor KPUD Karo, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe. 

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo, telah selesai melakukan proses verifikasi administrasi terhadap berkas pendaftaran Partai Politik (Parpol).

Diketahui, berkas yang dilakukan verifikasi tahap awal ini berasal dari sebanyak 24 Parpol.

Komisioner KPUD Karo Divisi Teknis Penyelenggaraan Lotmin Ginting, menjelaskan jika proses pemeriksaan verifikasi dokumen para anggota Parpol sudah selesai dilakukan.

Baca juga: Pengurus Parsindo Sambangi Kantor KPU Binjai, Serahkan SK Kepengurusan

Dijelaskan Lotmin, kemarin pihaknya kembali menerima surat dari KPU RI jika proses diperpanjang.

"Ada keputusan baru, proses diperpanjang sampai tanggal 3 September mendatang, tapi untuk proses pemeriksaan berkasnya sudah selesai semua," ujar Lotmin, Selasa (30/8/2022).

Dijelaskan Lotmin, diperpanjangnya tahapan ini dikarenakan pihak Parpol diberikan kesempatan untuk menyampaikan surat konfirmasi kepada KPU di daerah.

Adapun konfirmasi ini, ditujukan untuk memastikan berkas yang didapati ganda saat proses verifikasi.

"Jadi karena ada kegandaan eksternal, kita minta Parpol untuk menyampaikan surat konfirmasi. Jadi saat ini, kita sedang menunggu surat konfirmasi dari Parpol," ucapnya.

Ketika ditanya apakah ada berkas ganda yang ditemukan pada saat verifikasi kemarin, Lotmin mengaku jika pihaknya menemukan beberapa data yang ganda.

Di mana, kegandaan yang didapat merupakan ganda eksternal yaitu antar Parpol, maupun ganda internal.

"Ada beberapa yang kita temukan, baik partai lama maupun partai baru ada kita temukan data yang ganda," Katanya.

Setelah ditemukan data yang ganda, KPUD Karo langsung mengirimkan rekomendasi kepada partai yang bersangkutan agar menyampaikan konfirmasi.

Nantinya, kedua partai yang data anggotanya sama menyampaikan konfirmasi yang bersangkutan sebenarnya anggota Parpol yang mana.

Baca juga: Tahapan Pemilu 2024, KPU Siantar Tuntaskan Verifikasi Administrasi 12.992 Keanggotaan 24 Parpol

"Nanti dari konfirmasi inilah yang kita tau data yang ganda ini masuk ke Parpol yang mana," Katanya.

Namun, dijelaskan Lotmin jika kedua partai mengaku data tersebut merupakan anggotanya maka kedua partai dan anggota tersebut diminta datang ke KPUD.

Dari pemanggilan ini, pihak KPUD Karo akan memastikan secara langsung saat ini berkas yang bersangkutan sebagai anggota partai yang mana.

(mns/tribun-medan.com) 


 

 
 
 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved