Pemko Sergai

Pemkab Serdangbedagai Sambut Baik Rencana Pengoptimalan Kilang Padi Dirga Surya Milik BUMD

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai menyambut baik rencana Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang akan mengoptimalkan pengoperasian kilang

Editor: Satia
Dok. Pemkab Serdangbedagai
Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya usai menerima kunjungan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, di kilang Padi Dirga Surya milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Sumatera Utara, Rabu (31/8/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, SERGAI - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai menyambut baik rencana Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang akan mengoptimalkan pengoperasian kilang Padi Dirga Surya, di Jalan Gereja, Desa Kota Galuh, Kecamatan Perbaungan.

Hal itu diungkapkan Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya usai menerima kunjungan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, di kilang Padi Dirga Surya milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Sumatera Utara, Rabu (31/8/2022).

Didampingi Wakil Bupati Adlin Tambunan, Darma Wijaya mengungkapkan potensi panen padi di Serdang Bedagai pada bulan September 2022, sekitar 7.000 Hektar dengan potensi produksi 40.000 ton gabah padi.

"Potensi ini tersebar di sejumlah Kecamatan antara lain di Sei Bamban, Tanjung Beringin, Bandar Khalipah, Tebing Tinggi dan Sei Rampah," ungkapnya.

Selain itu pada bulan Oktober mendatang, potensi panen padi sekitar 2.000 hektar dengan produksi sekitar 12.000 ton gabah padi di Kecamatan Dolok Masihul dan Tanjung Beringin.

"Serdang Bedagai merupakan daerah yang surplus akan beras, produksinya setiap tahun meningkat seiring dengan cetak sawah baru yang terus kita galakkan. Target kita di 2024, 1000 hektar cetak sawah baru Insha Allah akan tercapai," ucapnya.

Selain itu Wakil Bupati Adlin Tambunan menambahkan bahwa pihaknya sangat menyambut baik rencana pengoptimalan kilang padi Dirga Surya ini.

"Dengan tekhnologi yang ada di kilang ini, masyarakat petani akan sangat terbantu karena bisa memangkas biaya dan waktu produksi padi," tambahnya.

Sebelumnya Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengoptimalkan operasional kilang padi ini.

"Diluar Negeri tidak lagi ada di jemur, pemanfaatan tekhnologi harus dioptimalkan. Selama ini kilang Dirga Surya ini hanya mampu menampung sedikit dari produksi padi masyarakat Sergai. Namun ini akan kita besarkan, akan kita tambahkan modal sehingga produksinya bisa meningkatkan," ucapnya.
Dan ia berharap agar kilang padi ini dapat dimanfaatkan juga dari luar Daerah Serdang Bedagai.

"Selain itu ini juga akan kita bawa ke daerah lain, jika memungkinkan kita bangun didaerah lainnya. Intinya semua ini untuk rakyat, untuk kesejahteraan masyarakat khususnya petani," ucapnya.

 

*

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved