Breaking News:

Pemko Medan

Walikota Medan Bobby Nasution Ajak keluarga Ubah Pola Makan Anak Guna Cegah Stunting

Berdasarkan data dari Pemko Medan jumlah stunting saat ini sebanyak 550 balita, di mana 20 persen di antaranya berusia di atas 2 tahun

Editor: Satia
Dok. Pemko Medan
Walikota Medan Bobby Nasution saat menghadiri Sosialisasi Aksi Pencegahan Stunting, di samping Kantor Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Jalan Besar Bagan Deli, Rabu (24/8/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Berdasarkan data dari Pemko Medan jumlah stunting saat ini sebanyak 550 balita, di mana 20 persen di antaranya berusia di atas 2 tahun sehingga sulit pemulihannya.

Di tahun 2022, Wali Kota Medan Bobby Nasution telah melakukan sejumlah upaya penanganan untuk mengantisipasi stunting tersebut.

Selain membuat 15 program dan 16 kegiatan serta 29 sub kegiatan yang dilakukan 10 OPD, Pemko Medan juga telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 198 miliar.

Sebagai upaya mendukung penanganan stunting, Pemko Medan melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan juga telah melakukan bedah rumah di Kecamatan Medan Belawan, tepatnya Lorong VI Kelurahan Bagan Deli guna menjadikan rumah sehat dan benar-benar layak huni.

Sebab, kondisi rumah yang tidak layak huni ikut menjadi salah satu pemicu terjadinya stunting.

Langkah ini dilakukan karena menantu Presiden Joko Widodo ini, ingin melakukan penurunan stunting sejak dini guna mengurangi dampak jangka panjang yang sangat merugikan.

Selain menghambat pertumbuhan sang anak, stunting juga menghambat pertumbuhan otak sehingga tingkat kecerdasan anak tidak maksimal.

Di samping itu, Bobby Nasution melalui OPD terkait juga gencar melakukan sosialisasi untuk mengajak masyarakat bersama mencegah stunting dengan memperhatikan asupan gizi yang diberikan.

Salah satu yang teranyar dengan memberikan edukasi cara memasak menu makanan yang dapat mencegah stunting.

Di hadapan ibu-ibu, Bobby Nasution memasak menu Sup Bola Udang dan Sayur Bening Kelor yang diambil dari Buku Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil hasil karya Presiden Kelima Indonesia Megawati Soekarno Putri di Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Belawan baru-baru ini.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved