Dosen Fasilkom-TI USU Lakukan Pengembangan Aplikasi E-Learning di SMA Negeri 5 Binjai

Tim Pengabdian dari LPPM USU, Dosen Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara (Fasilkom-TI USU) yang diketuai oleh

Editor: Ismail
Istimewa
Kunjungan Tim Pengabdian Masyarakat dari Dosen Fasilkom-TI USU ke SMA Negeri 5 Binjai dalam rangka Pengembangan Aplikasi E-Learning untuk Optimalisasi Proses Pembelajaran dan Manajemen Bahan Ajar di Sekolah 

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Tim Pengabdian dari LPPM USU, Dosen Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara (Fasilkom-TI USU) yang diketuai oleh Dr. Erna Budhiarti Nababan, M.IT, Bersama anggota timnya masing-masing Prof. Dr. Opim Salim Sitompul, M.Sc, Dedy Arisandi, ST, M.Kom, Seniman, S.Kom, M.Kom, dan bersama tiga orang mahasiswa dari Program Studi S-1 Teknologi Informasi melakukan Pengabdian kepada Masyarakat di SMA Negeri 5 Binjai.

Kegiatan pengabdian yang dimulai dari bulan Juli dan akan berakhir dibulan Oktober 2022 tersebut difokuskan pada optimalisasi proses pembelajaran dan manajemen bahan ajar di SMA Negeri 5 Binjai menggunakan aplikasi e-learning.

Menurut Erna Budhiarti Nababan, kegiatan ini merupakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang diimplementasikan dalam bentuk penerapan penggunaan teknologi informasi dan pengembangan aplikasi e-learning berbasis web. Tujuan dari kegiatan ini agar aplikasi e-learning dapat diterapakan secara optimal di SMA Negeri 5 Binjai dalam meningkatkan layanan dan kualitas pada proses pembelajaran dan pengelolaan bahan ajar di Sekolah.

SMA Negeri 5 Binjai merupakan salah satu Sekolah favorit yang berdomisili di Jalan Jambi nomor 2 Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai Provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan data pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 tercatat SMA ini memiliki tenaga pengajar sebanyak 66 orang, siswa laki-laki berjumlah 479 orang, dan siswa perempuan berjumlah 508 orang.

SMA yang didirikan pada tanggal 21 September 1998 ini memiliki ruang kelas sebanyak 28 kelas dan saat ini status akreditasi sekolah sudah memperoleh akreditasi A.

Ketua tim pengabdian Dr. Erna Budhiarti Nababan menyerahkan Perangkat Komputer
Ketua tim pengabdian Dr. Erna Budhiarti Nababan menyerahkan Perangkat Komputer All-in-One dan Aplikasi E-Learning kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Binjai Sapril Daniel Lubis, S.Pd.

Website yang ada saat ini belum dioptimalkan untuk penggunaan e-learning di Sekolah. Pada dasarnya e-learning merupakan suatu konsep atau sistem pendidikan yang memanfaatkan penggunaan teknologi informasi secara optimal dalam proses belajar mengajar.

Pencatatan data siswa, data guru, data pelajaran, data jadwal pelajaran, pengelolaan bahan ajar, ujian, pemberian tugas, absensi, dan proses pembelajaran lainnya dapat dilakukan dengan baik dan mudah jika sudah menerapkan e-learning.

 E-learning juga dapat dimanfaatkan oleh guru dalam pengelolaan bahan ajar, absensi dan media pembelajaran. Siswa juga dapat menfaatkannya untuk melihat bahan ajar, tugas-tugas, kuis, dan materi-materi lainnya.

Pihak sekolah dapat menggunakannya untuk mengontrol proses pembelajaran, penilaian, dan kehadiran guru dan siswa apakah sudah berjalan dengan baik dan sesuai jadwal. Selain itu sekolah juga memiliki data pembelajaran yang lengkap di e-learning karena semua materi pembelajaran diupload oleh guru.

Foto bersama Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara
Foto bersama Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara yang diketuai oleh Dr. Erna Budhiarti Nababan, M.IT, bersama Anggota Timnya dan Peserta Pelatihan E-Learning SMA Negeri 5 Binjai.

Target yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah tersedianya aplikasi e-learning di SMA Negeri 5 Binjai menggunakan platform open source Moodle yang dapat digunakan pada kegiatan belajar mengajar, menyediakan fasilitas server hosting dan domain untuk berjalannya aplikasi e-learning yang dilengkapi dengan pemberian bantuan dalam bentu perangkat komputer All-in-One untuk proses admin atau pengelolaan aplikasi yang berkelanjutan. Tim Pegabdian juga melakukan pelatihan penggunaan aplikasi e-learning kepada pimpinan sekolah, guru, dan operator sekolah.

Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Binjai, Sapril Daniel Lubis, S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih dan harapannya kepada tim pengabdian dari USU agar aplikasi e-learning di Sekolahnya segera diimplementasikan sehingga dapat membantu aktivitas guru pada proses pembelajaran dan pengelolaan bahan ajar untuk siswa.

Beliau juga menyampaikan bahwa aplikasi e-learning ini juga harus dapat digunakan oleh guru yang sedang tugas keluar atau tidak dapat datang ke Sekolah namun masih tetap bisa memberikan materi pembelajaran melalui e-learning dalam bentuk tatap muka, quis, tugas, atau aktivitas pembelaran lainnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved