Breaking News:

Rute Penerbangan AirAsia

AirAsia Kembali Buka Rute Jakarta-Silangit, Body Pesawat Dicat Gambar Danau Toba

AirAsia kembali membuka rute penerbangan Jakarta-Silangit pada 2 September 2022 kemarin

Penulis: Alija Magribi | Editor: Array A Argus
wikipedia
Pesawat AirAsia A330, sejenis inilah yang alami masalah teknis dalam penerbangan dari Perth Australia ke Kualalumpur, Minggu (25/6/2017) 

TRIBUN-MEDAN.COM,SAMOSIR- AirAsia Indonesia kembali mengaktifkan rute penerbangan Jakarta-Silangit per 2 September 2022 kemarin.

Kembalinya layanan penerbangan setelah pandemi Covid-19 ini diharapkan akan memulihkan kembali geliat wisata di Destinasi Super Prioritas Danau Toba.

Lebih jauh, tak cuma mengaktifkan rute pulang pergi (PP) Jakarta-Silangit, AirAsia berencana mengecat body pesawat dengan wajah/gambar Danau Toba, dan menggandeng penenun kain tradisional ulos serta membangun tur wisata.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Naik Drastis, KPPU Undang Lion Group dan AirAsia

CEO AirAsia Indonesia, Veranita Josephine Sinaga sendiri hadir dalam pembukaan rute ini.

Ia menyebut apa yang dilakukan AirAsia adalah komitmen Indonesia AirAsia sebagai maskapai nasional untuk mendukung pengembangan destinasi wisata di Indonesia secara menyeluruh.

Tidak hanya dengan penambahan rute tetapi juga menjalin kerja sama promosi produk pariwisata dan ekonomi kreatif sekaligus terlibat dalam upaya pengembangan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat di sekitarnya, khususnya di Danau Toba.

“Tanggal 2 September 2022 kemarin adalah inaugurasi penerbangan pertama Jakarta-Silangit. Semangatnya AirAsia itu adalah mengembangkan destinasi pariwisata, terutama Danau Toba yang merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas negara,” kata Vera, dalam pertemuan yang berlangsung di Lumbansuhu-suhu Toruan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. 

Baca juga: HARGA Tiket Pesawat Melejit, Ini Kata Lion Group dan AirAsia

Tidak hanya mengantarkan penumpang ke tujuan, kata Vera, pihaknya juga membangun destinasi dengan cara bekerja sama dengan komunitas lokal untuk mengembangkan pariwisata yang sustainable, termasuk di antaranya menjalin kemitraan dengan Tobatenun yang merupakan UMKM pengrajin kain ulos di Pangururan, Samosir.

Tumbuhnya UMKM dan komunitas lokal tentunya akan meningkatkan daya tarik wisatawan yang bermuara pada melakukan kunjungan ke daerah wisata, seiring dengan telah dibukanya rute Jakarta - Silangit PP.

“Kita kerjasama di bidang pariwisata, yang pertama tadi mendatangkan traffic kunjungan yang akan menjadi customer tentunya. Kedua, kita bermitra menciptakan awarness karena AirAsia, kan, tidak hanya memiliki konektivitas di dalam negeri, tetapi juga internasional,” ujar Vera. 

Baca juga: Syarat Bawa Hewan di Pesawat Garuda, Citilink, Lion Air, dan AirAsia

AirAsia akan meningkatkan values dari Tobatenun baik dalam pembinaan kreativitas maupun kualitas produktifas dan salah satu upaya memperkenalkannya adalah dengan meluncurkan livery pesawat (cat) Danau Toba

“Maka itu, untuk desainnya kita kerjasama dengan Tobatenun. Livery-nya sudah dibuat. Kolasenya sudah kita beritahu sedikit, mouth boardnya sudah dikasih sedikit visibility dan nanti kita akan luncurkan (rencananya) kalau tidak tahun ini maka awal tahun depan,” kata Vera.

Sementara itu, CEO Tobatenun Kerri Na Basaria Pandjaitan mengatakan, apapun yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan daya beli dan brand ekonomi kreatif, dirinya sangat menyambut baik pihak  manapun yang memberikannya.

“Bagaimana pun, kalau kita membangun (ekonomi kreatif) di sini namun tanpa didukung akses masuk ke dalam, kan tidak ketahuan,"

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved