Kebakaran

KEBAKARAN di Sergai, 2.800 Ayam Siap Panen Mati Terpanggang

Kandang pembibitan ayam yang ada di Dusun Karang Sari, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai terbakar pada Senin (5/9/2022) sore.

TRIBUN MEDAN/ANUGRAH NASUTION
Kandang pembibitan ayam yang ada di Dusun Karang Sari, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai terbakar pada Senin (5/9/2022) sore. 

TRIBUN-MEDAN. com, SERGAI - Kandang pembibitan ayam yang ada di Dusun Karang Sari, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai terbakar pada Senin (5/9/2022) sore.

Akibat kejadian tersebut sekitar 2.800 ayam siap panen milik perusahaan PT Karya Semangat Mandiri mati terpanggang api.

"Tadi kejadian sekitar pukul 14.30 WIB. Begitu mendapatkan informasi kita dari unit pemadam kebakaran Lubuk Pakam terjun ke lokasi. Sekitar 2.800 ayam dalam satu kandang tadi mati terbakar, " ujar Hamdani Admaja, Dinas Pemadam Kebakaran Lubuk Pakam kepada Tribun.

Baca juga: MENILIK Spesifikasi Vivo Y16 di Indonesia, Dilengkapi Kamera Utama 13 MP dan Kamera Makro 2 MP

Sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan dalam insiden kebakaran tersebut. Pemadam dibantu warga berjibaku memadamkan kobaran api yang cukup besar.

"Memang api cukup besar, karena kandang ayam yang terbuat dari kayu dan atap rubiah. Setidaknya ada empat mobil pemadam yang tadi diterjunkan," sambung Hamdani.

Butuh waktu hampir tiga jam lamanya bagi petugas pemadam kebakaran untuk menjinakkan api.

Hamdani mengatakan, pihak baru pulang ketika bara api yang membakar kandang ayam benar benar padam.

"Kita baru pulang tadi ketika areal sudah steril karena kami harus memastikan bara api juga padam agar tidak ada kebakaran kembali," ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran tersebut. Namun diperkirakan perusahaan ternak ayam merugi hingga ratusan juta rupiah.

Penyebab pasti kebakaran pun belum diketahui, namun Hamdani menduga api berasal dari blower kipas angin yang berada di dalam kandang tersebut.

Baca juga: XIAOMI bakal Luncurkan Redmi A1, Berikut Bocoran Spesifikasinya

"Untuk penyebab belum diketahui secara pasti karena kepolisian masih melakukan pemeriksaan. Namun saya duga melihat dari pergerakan api mungkin dari blower kipas angin yang ada disana korsel kemudian terbakar," tutupnya.

Sementara itu Polres Sergai dan Kapolsek Perbauang AKP M Pandiangan belum memberikan keterangan terkait kebakaran tersebut.

(cr17/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved