Sholat Sunnah Tasbih

Niat dan Tata Cara Sholat Sunnah Tasbih, Berikut Doanya

Sholat sunnah tasbih dapat dikerjakan satu kali dalam sehari semalam, sekali seminggu, sekali sebulan, hingga sekali seumur hidup jika tidak sempat.

Penulis: Putri Chairunnisa | Editor: Ayu Prasandi
HO / Tribun Medan
Niat dan Tata Cara Sholat Sunnah Wudhu 

TRIBUN-MEDAN.COM – Sholat sunnah tasbih adalah sholat sunnah empat rakaat yang dikerjakan dengan membacakan bacaan tasbih sebanyak 75 kali pada setiap rakaatnya.

Untuk keseluruhan rakaat sholat sunnah tasbih, maka bacaan tasbih di tiap sholat ini mencapai 300 kali.

Tidak ada ketentuan waktu untuk mengerjakan sholat sunnah tasbih.

Sholat sunnah tasbih dapat dikerjakan satu kali dalam sehari semalam, sekali seminggu, sekali sebulan, hingga sekali seumur hidup jika tidak sempat.

Sebagian masyarakat muslim di Indonesia lebih sering melaksanakan sholat sunnah tasbih sebagai sarana untuk mendapatkan lailatul qadar di bulan Ramadhan.

Melaksanakan sholat sunnah tasbih dapat memberatkan timbangan amal di akhirat. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan Rasulullah SAW:

كَلِمَتَانِ خَفِيْفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ثَقِيْلَتَانِ فِى الْمِيْزَانِ حَبِيْبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ: سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ

Artinya: “Ada dua kalimat yang keduanya ringan diucapkan di lidah namun memberatkan timbangan amal dan keduanya disukai oleh ar-Rahman, yaitu: Subhanallahi wa bi hamdihi subhanallahil azhim.” ( HR. Bukhari dan HR. Muslim)

Hadist di atas menegaskan keutamaan sholat tasbih sebagai ibadah yang sangat disukai Allah SWT, dimana setiap kalimat tasbih yang diucapkan di setiap rakaatnya menjadi pemberat timbangan amal baik di akhirat kelak.

Baca juga: Jadwal Sholat Jumat 26 Agustus 2022, untuk Wilayah Medan dan Kota Besar di Indonesia

Niat Sholat Sunnah Tasbih

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved