Toba Memilih

Proses Verifikasi Administrasi Usai, KPU Toba Klarifikasi 10 Parpol Terindikasi Mencatut Nama

KPU telah melakukan verifikasi administrasi terhadap seluruh partai politik dan menemukan sejumlah keanggotaan ganda eksternal.

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA - Jelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024, sejumlah partai politik mendaftarkan diri ke KPU RI melalui Sistem Informasi Politik (Sipol).

KPU RI, termasuk KPU kabupaten/kota kemudian melakukan verifikasi administrasi terhadap seluruh partai politik.

Hingga saat ini, pihak KPU telah melakukan verifikasi administrasi terhadap seluruh partai politik tersebut. Setelah verifikasi administrasi, pihaknya menemukan sejumlah keanggotaan ganda eksternal.

Baca juga: Tahapan Pemilu 2024, KPU Toba Verifikasi Administrasi 21 Parpol

"Sejauh ini, setelah tim verifikator bekerja, KPU Toba meneliti ada sekitar 10 partai politik yang terindikasi ada pencatutan nama ganda," ujar Komisioner KPU Toba Sahat Sibarani, Senin (5/9/2022).

Selanjutnya, ia menjelaskan perihal proses klarifikasi soal pencatutan nama yang sama pada beberapa partai politik berbeda.

"Kami dari KPU Toba menjelaskan, tahapan pemilu  sesuai dengan PKPU Nomor 4 Tahun 2022 bahwa hari ini, KPU Toba telah menerima pendaftaran yang terpusat di KPU RI," sambungnya.

"Wewenang kami setelah menjalankan verifikasi administrasi, KPU Toba akan melakukan verifikasi, administrasi, dan klarifikasi terhadap kegandaan eksternal yang ada. Artinya, ia ada di partai politik  A dan B," sambungnya.

Kini, pihaknya sedang menunggu kehadiran seluruh personal yang namanya tercatut oleh partai politik yang berbeda. Termasuk, partai politik yang terindikasi kegandaan eksternal juga dipanggil oleh pihak KPU Toba.

"Ini yang sedang dilakukan oleh KPU Toba untuk melakukan klarifikasi bagi orang-orang dan ini sudah kita panggil semua partai politik yang terindikasi kegandaan eksternal," ungkapnya.

Seluruh hasil klarifikasi akan disampaikan oleh KPU Toba kepada partai politik yang bersangkutan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved