Berita Sumut

PEDULI Kebakaran Kampung Matfa, FOZ Sumut Salurkan 800 Kilogram Beras, Tuwan Imam: Alhamdulillah

Forum Zakat (FOZ) Sumatera Utara menyalurkan bantuan untuk para korban terdampak bencana kebakaran yang terjadi di Kampung Matfa

Editor: Risky Cahyadi

TRIBUN-MEDAN.COM, LANGKAT - Forum Zakat (FOZ) Sumatera Utara menyalurkan bantuan untuk para korban terdampak bencana kebakaran yang terjadi di Kampung Matfa yang terletak di Desa Telaga Said, Kecamatan. Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Selasa (6/9).

Sebanyak 34 rumah warga di desa ini hangus terbakar dilahap si jago merah. Atas musibah ini, FOZ Sumut telah menyalurkan bantuan sembako berupa beras, minyak goreng, gula, mie instan, kain sarung, dan air mineral.

Sulaiman selaku Ketua FOZ Sumut menyampaikan bahwa bantuan ini diberikan berasal dari gabungan lembaga.

"Kita dari FOZ pada kesempatan ini ada 11 lembaga yang ikut serta menyalurkan bantuan untuk para korban kebakaran. Kami berharap agar bantuan ini bisa diterima dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," ucap Sulaiman.

Kesebelas lembaga tersebut yakni Dompet Dhuafa Waspada, Rumah Zakat, IZI, Rumah Yatim, PZU, BSMI, HI, SYU, DT Peduli, DPF, dan Yakesma.

Lebih lanjut, Sulaiman juga menyatakan bahwa bencana kebakaran ini termasuk dalam isu kemanusiaan yang butuh pertolongan segera.

"Seperti kita tahu ada sampai 34 rumah yang terbakar, mereka tidak sempat menyelamatkan apapun jadi kita upayakan salurkan bantuan yang mendesak seperti sembako," ungkapnya.

Secara simbolis, bantuan ini diterima langsung oleh Pimpinan Kampung Matfa, Tuwan Imam Hanafi.

"Tentunya ucapan terima kasih kami atas kepeduliannya. Ini satu bentuk persaudaraan yang mesti dirawat," ujar Tuwam Imam

Dengan senang hati ia menerima bantuan yang diberikan dari sebelas lembaga itu.

"Semoga teman-teman sehat selalu, diberi keberkahan dan keselamatan. Semoga apa yang diberikan bisa bermanfaat untuk para korban," sambungnya.

Tentang bantuan yang disalurkan, Hendrik Koko selaku koordinator aksi menyampaikan bahwa bantuan dihimpun oleh sebelas lembaga itu terkumpul dalam waktu lima hari.

"Terhitung sejak mendapat kabar musibah kebakaran, bersama kawan-kawan lembaga di FOZ Sumut kita himpun bantuan, alhamdulillah terkumpul dan kita turun langsung kesini mengantar bantuannya," ucap Hendrik.

Hendrik juga berharap kedepannya lembaga yang tergabung dalam FOZ Sumut bisa terus mengedepankan sinergi.

"Semoga sinergi antar lembaga seperti bantuan semacam ini dapat terus dijalankan dan bisa lebih banyak lagi lembaga lain yang ikut terlibat," harapnya.

Adapun rincian bantuan yang diberikan yakni sebanyak 800 kg beras, 80 kornet kaleng, 60 liter minyak, 72 kg gula, 10 dus mineral, dan 20 dus mie instan dengan total keseluruhan senilai 15 juta.

Akibat musibah kebakaran ini korban terdampak sementara harus mengungsi di Rumah Sehat dan Surau. Dari 33 rumah yang terbakar, terdata ada 33 Kepala Keluarga dengan total 136 jiwa terdampak bencana kebakaran. Terjadinya musibah kebakaran ini juga menimbulkan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

(sky/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved