W20 Ajang UMKM Simalungun Naik Kelas

Kabupaten Simalungun patut berbangga dengan keberhasilan penyelenggaraan W20 Summit yang merupakan side-event dari KTT G20.

Editor: Ismail
Tribun Medan/HO
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga 

TRIBUN-MEDAN.COM - Kabupaten Simalungun patut berbangga dengan keberhasilan penyelenggaraan W20 Summit yang merupakan side-event dari KTT G20 yang akan dilaksanakan di Bali dalam waktu dekat. Tak tanggung-tanggung, ada 15 perwakilan delegasi negara datang dengan misi penting tentang peranan perempuan di dunia. Tentunya pembahasan isu-isu tersebut dibarengi dengan Danau Toba-kebanggaan Kabupaten Simalumgun, pada khususnya.

Perhelatan internasional Women-20 (W-20) yang digelar di Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun berlangsung 19 hingga 21 Juli 2022. Event akbar ini dihadiri tokoh wanita dunia seperti artis Hollywood Anne Hathaway, Melinda Gates, Ratu Rania Yordania dan Ratu Maxima Belanda. Di kegiatan W20 itu juga dihadiri artis ibukota seperti Nafa Urbach dan Vicky Shu.

Elena Myakotnicova Delegasi dari negara Rusia, mengakui bahwa Danau Toba sangat indah dan memiliki alam yang sejuk. Elena menyebutkan di beberapa negara lain juga memiliki danau Tapi danau Toba lebih indah ini lebih indah dari danau yang ia pernah kunjungi.

"Saya janji akan datang lagi ke Danau Toba. Karena Danau Toba ini sangat luar biasa, indah seperti film dan lukisan, inilah sangkin indahnya Danau Toba, ketika kita lihat dari Kota Parapat," ujar Elena.

Elena mengatakan bahwa setelah acara ini dia dan teman lainnya akan jalan-jalan di kawasan Danau ini. Elena sendiri adalah satu dari 56 delegasi peserta dari 15 negara India, Australia, Indonesia, uni Eropa, Rusia, Italia, Singapore, Jepang, Francis, Korea Selatan, Turkey, Afrika Selatan, Argentina, Jerman, USA, Swedia.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan melalui momentum W20 Summit di Parapat diharapkan menjadi awal yang baik bagi peningkatan pariwisata di Danau Toba yang di topang peranan pelaku UMKM khusunya yang dipimpin oleh kaum perempuan.

"Ke depan Pemkab Simalungun melalui Disperidag akan mendorong dan membina para pelaku UMKM perempuan untuk meningkatkan kualitas produk, kemasan produk hingga membuka jaringan pemasaran internasional,"ujarnya Bupati seraya berharap event nasional dan internasional bisa kembali memilih Simalungun sebagai tuan rumah.

Bupati yang juga didampingi Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga berharap, kepada para perempuan pelaku usaha UMKM agar menjalin jaringan dengan komunitas dan organisasi perempuan dunia khususnya W20.

Diketahui dalam perhelatan W20, Pemkab Simalungun bersama Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi Sumut menampilkan produk-produk UMKM unggulan. Para delegasi W20 pun begitu antusias ketika menjajaki setiap stand produk UMKM Sumut yang memiliki keunikan berbeda-beda. Mereka juga tak lupa membeli sejumlah produk UMKM lokal untuk dibawa ke negaranya masing-masing.

Sri Dewi, salah satu pelaku UMKM mengaku bangga karena produk-produk olahan tangannya, seperti tas bermotif ulos dan topi ulos ragi hotang banyak dibeli oleh para delegasi W20."Paling banyak dibeli topi berbahan ulos jenis Ragi Hotang. Mereka bilang topi yang kita buat unik," katanya.

(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved