Tingkatkan Pertanian Pakpak Bharat

Bupati Franc Tumanggor Tinjau Green House Penangkaran Bibit Kentang Kelompok Tani Kuta Dame

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor Resmikan Green House untuk Penangkaran Bibit kentang kelompok Tani Kuta Dame Pakpak Bharat

Editor: Abdi Tumanggor
Diskominfo Pakpak Bharat
Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor tinjau green house dan hidroponik di Desa Kuta Dame, Kecamatan Kerajaan, Pakpak Bharat, Selasa (6/9/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor meresmikan green house dan hidroponik di Desa Kuta Dame, Kecamatan Kerajaan, Pakpak Bharat, Selasa (6/9/2022).

Keberadaan green house Kelompok Tani (Poktan) Bintang Tani ini diharapkan dapat menambah fasilitas pembudidayaan tanaman yang ada di tempat ini sehingga kuantitas, kualitas dan kontinuitas produksi yang ada di daerah ini akan semakin optimal dan berdampak bagi peningkatan penghasilan dan perekonomian warganya.

Kepala Desa Kuta Dame, Marison Asi Limbong menyebutkan bahwa pembuatan tempat Green House ini didasari dari rasa tulus dan iklas, dengan harapan segala program yang terlaksana ini dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

"Masyarakat selalu kita edukasi agar tidak selalu bergantung kepada pemerintah. Kita ingin mandiri," ungkap Marison Limbong.

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor tinjau green house dan hidroponik 
Kelompok Tani Bintang Tani di Desa Kuta Dame, Kecamatan Kerajaan, Pakpak Bharat, Selasa (6/9/2022).
Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor tinjau green house dan hidroponik Kelompok Tani Bintang Tani di Desa Kuta Dame, Kecamatan Kerajaan, Pakpak Bharat, Selasa (6/9/2022). (Diskominfo Pakpak Bharat)

Baca juga: Pemkab Pakpak Bharat Evaluasi Pemanfaatan E-KATALOG LOKAL dan TOKO DARING

Senada dengan Kepala Desa, Ketua Kelompok Tani Bintang Tani, Amran Matondang menjelaskan lokasi green house ini dirancang sebagai tempat edukasi atau pembelajaran pertanian, di samping sebagai kawasan penyedia bibit unggul.

"Kita harus buat nilai tambah dalam kehidupan, lokasi green house ini biarlah menjadi tempat menimba ilmu dengan konsep "zaman now" bagi pelajar, mahasiswa dan khususnya para petani” kata Amran Matondang

Sementara, Camat Kerajaan, Febriansah Boangmanalu, SIP menyebutkan bahwa Pemerintah akan terus berupaya mendorong kemajuan sektor pertanian Pakpak Bharat di antaranya melalui penyediaan bantuan modal dengan berbagi skema termasuk penyediaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di beberapa Bank penyedia.

Dalam rapat evaluasi KUR, kami dapatkan bahwa kuota KUR masih tersedia dan bisa kita manfaatkan."Ayo kita pergunakkan untuk modal usaha kita, silahkan ajukan pinjamannya, kami akan bantu sekiranya diperlukan,"kata Febransyah.

Green house budidaya bibit kentang Pakpak Bharat
Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor tinjau green house dan hidroponik di Desa Kuta Dame, Kecamatan Kerajaan, Pakpak Bharat, Selasa (6/9/2022).

Baca juga: Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran KUR, Bupati Franc: Manfaatkan Fasilitas KUR untuk Membangun Usaha

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor dalam arahannya mengatakan bahwa keberadaan green house dan hidroponik ini menjadi wujud perhatian kepada masyarakat yang tentunya dapat menambah semangat dan motivasi masyarakat di bidang pertanian.

Terlebih juga pembangunan green house ini disertai dengan pendampingan dan pelatihan bagi masyarakat yang ada di Desa Kuta Dame.

Kata Bupati, Pemkab Pakpak Bharat akan terus melakukan berbagai upaya dalam mengembangan sektor pertanian salah satunya dengan melibatkan petani milenial.

"Saya berharap agar apa yang dilakukan oleh Kelompok Tani ini dapat melibatkan sejumlah anak muda dalam mengembangkan sektor pertanian,"ujar Bupati Franc Tumanggor, yang meninjau langsung budidaya Penangkar Bibit Kentang ini dengan sistem hidroponik itu.

(*/Tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved