Breaking News:

Pakpak Bharat

Pemkab Pakpak Bharat Evaluasi Pemanfaatan E-KATALOG LOKAL dan TOKO DARING

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat terus mendorong pelaku UMKM di daerahnya untuk bersiap dalam pemanfaatan Toko Daring dan E-katalog Lokal.

Editor: Abdi Tumanggor
Diskominfo Pakpak Bharat
Pemkab Pakpak Bharat mengadakan rapat evaluasi pemanfaatan E-Katalog Lokal dan Toko Daring ini. Seperti halnya kali ini dilakukan di Ruang Rapat Nusantara, kompleks Kantor Bupati Pakpak Bharat, Selasa (6/9/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Pemerintah belakangan ini tengah gencar mendorong seluruh instansi pemerintah guna memanfaatkan produk-produk lokal serta produk dalam negeri guna membantu percepatan pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi covid 19 yang berdampak terhadap terpuruknya ekonomi masyarakat.

Menyikapi hal ini, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat terus mendorong pelaku UMKM di daerahnya untuk bersiap dalam pemanfaatan Toko Daring dan E-katalog Lokal agar produk yang dihasilkan lebih dikenal dan pemasarannya lebih maksimal.

Namun, untuk percepatan pelaksanaan e-katalog ini harus sesuai dengan Instruksi Presiden (INPRES) tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi Dalam Rangka mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah khususnya di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat.

Rapat evaluasi Katalog Lokal dan Toko Daring Pakpak Bharat
Pemkab Pakpak Bharat pun rutin mengadakan rapat evaluasi pemanfaatan E-Katalog Lokal dan Toko Daring ini. Seperti halnya kali ini dilakukan di Ruang Rapat Nusantara, kompleks Kantor Bupati Pakpak Bharat, Selasa (6/9/2022). (Diskominfo Pakpak Bharat)

Pemkab Pakpak Bharat pun rutin mengadakan rapat evaluasi pemanfaatan E-Katalog Lokal dan Toko Daring ini. Seperti halnya kali ini dilakukan di Ruang Rapat Nusantara, kompleks Kantor Bupati Pakpak Bharat, Selasa (6/9/2022).

Rapat ini intens dilaksanakan bersama para pelaku UMKM dan Pemangku kepentingan terkait guna mengetahui sejauh mana pemanfaatan produk lokal dalam mendukung berbagai kegiatan pemerintah.

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor melalui Plt. Asisten Pemerintahan, Petrus Seragih, SE, MM menjelaskan agar dalam pemanfaatan Katalog Lokal ini para pelaku usaha benar-benar memiliki komitmen dalam peningkatan ekonominya.

Bupati menyarankan agar sebaiknya proses katalogisasi dikerjakan oleh Pemerintah mengingat tenggat waktu yang sangat sempit. Namun, dalam proses penayangan akan dibuat secara nasional, produk lokal yang ditayangkan nantinya diharapkan bisa dibeli oleh konsumen dari daerah lain, ataupun katalog lokal ini bisa menjadi ajang promosi untuk di daerah lain.

"Saya harapkan kita semua yang hadir mengikuti sosialisasi ini agar mengikuti dengan serius sosialisasi ini. Kepada para petugas yang turut hadir saya pesankan supaya bantulah para pelaku usaha lokal kita, dorong mereka untuk memanfaatkan sarana promosi ini,"pesan Bupati dalam arahan tertulisnya.

Rapat Katalog Lokal dan Toko Daring Pakpak Bharat
Pemkab Pakpak Bharat pun rutin mengadakan rapat evaluasi pemanfaatan E-Katalog Lokal dan Toko Daring ini. Seperti halnya kali ini dilakukan di Ruang Rapat Nusantara, kompleks Kantor Bupati Pakpak Bharat, Selasa (6/9/2022). (Diskominfo Pakpak Bharat)

Pemanfaatan Katalog Elektronik Lokal (E-Katalog Lokal) Pakpak Bharat ini diharapkan mampu menggerakkan ekonomi lokal lewat optimalisasi pelibatan pelaku usaha daerah dalam pengadaan barang/jasa Pemerintah, serta memudahkan mekanisme belanja Pemerintah Daerah untuk mempercepat realisasi anggaran dengan tetap mengacu pada tata kelola Pemerintah yang baik.

Di antaranya yang dilakukan adalah menyamakan langkah antara Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), pemerintah provinsi dan pemkab untuk membangun katalog lokal, yang nantinya bisa diisi dan dimanfaatkan oleh para penyedia lokal dan produk lokal di Kabupaten Pakpak Bharat.

Namun dalam hal ini sistem katalog lokal 13 estalase produk belum digunakan secara maksimal oleh pelaku UMKM.

Proses katalogisasi produk-produk lokal tersebut, menurut pengamatan sebelumnya harus sejalan dengan pemanfaatan produk dalam negeri guna mendukung peningkatan perekonomian nasional di sektor UMKM.

"Untuk menjalankan program ini Pemkab terus melaksanakan sosialisasi penggunaan katalog lokal serta pemanfaatan toko daring untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat setempat melalui pemanfaatan produk-produk dalam negeri, peningkatan porsi UMKM dan koperasi,"ujar Bupati Franc Tumanggor.

(*/Tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved