TNI AL Akhirnya Ungkap Kondisi Pesawat Latih Produk Amerika Sebelum Jatuh di Selat Madura

Pesawat latih, yakni pesawat jenis G-36 Bonanza T-2503 yang jatuh di Selat Madura jadi perbincangan publik. Apa  yang jadi penyebab jatuhnya pesawat

Editor: Salomo Tarigan
Puspenerbal via kompas.com
Pesawat Latih TNI AL 

  TRIBUN-MEDAN.com  - Pesawat latih, yakni pesawat jenis G-36 Bonanza T-2503 yang jatuh di Selat Madura jadi perbincangan publik.

Apa  yang jadi penyebab jatuhnya pesawat tersebut?

Yang jelas hingga kini petugas masih mendalaminya setelah bangkai pesawat terdeteksi.

Menyenai kondisi pesawat sebelum jatuh,  pihak TNI Angkatan Laut (AL) menyebut pesawat jenis G-36 Bonanza T-2503 tersebut dinyatakan layak terbang.

Pesawat produksi Amerika Serikat itu masuk ke TNI AL itu masih terbilang baru.

Pesawat itu masuk sekira 2013 lalu.

"Pesawat ini masuk jajaran AL tahun 2013, relatif masih sangat layak karena baru saja melaksanakan pemeliharaan pada 22 Agustus 2022," kata Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksamana Muda TNI Dwika Tjahja Setiawan dalam konferensi pers di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (7/9/2022).

Dwika mengungkapkan, saat kejadian kecelakaan tersebut, kondisi cuaca di lokasi cukup cerah.

"Kondisi cuaca saat kejadian, cuaca di lokasi cukup baik. Kemudian memang ini adalah alat ya. Sehingga walaupun secara sertifikat sudah sangat layak, dan memang sudah melalui uji coba dan sebagainya, tapi jaminan untuk kondisi teknis ini juga kita tidak tahu, karena ini alat," ucapnya.

Lebih lanjut, Dwika menyebut saat ini masih dilakukan evakuasi.

Tim yang diterjunkan yaitu 13 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), satu Kapal Angkatan Laut (KAL), satu tim Komando Pasukan Katak (Kopaska), dan satu tim penyelam.

"Saat ini, TNI Angkatan Laut mengerahkan 7 KRI, 1 Pesud CN235, 2 helikopter, 2 KAL, 2 Tim Kopaska, dan 2 Tim Penyelam. Kegiatan SAR dipimpin langsung oleh Pangkoarmada II dan Komandan Guspurla Koarmada II," jelasnya.

Sebelumnya, TNI Angkatan Laut (AL) mendeteksi titik bangkai pesawat latih jenis G-36 Bonanza T-2503 yang jatuh di alur pelayaran barat Surabaya atau di Selat Madura, Rabu (7/9/2022).

"Sampai sore perkembangan di lapangan telah menemukan titik dimana jatuhnya pesawat itu yang diduga adalah rangka pesawat yang saat ini masih proses untuk melaksanakan penyelaman," kata ucap Dwika.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved