Sholat Taubat

Tata Cara Sholat Taubat, Lengkap Beserta Niat dan Doanya

Sholat taubat merupakan sholat sunnah yang dikerjakan karena ingin memohon ampunan dari Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang pernah diperbuat

HO/Tribun Medan
ILUSTRASI Tata Cara Sholat Taubat 

TRIBUN-MEDAN.COM - Sholat taubat merupakan sholat sunnah yang dikerjakan karena ingin memohon ampunan dari Allah SWT atas segala dosa maupun kesalahan yang pernah diperbuat selama hidup.

Manusia tidak pernah lepas dari kesalahan. Kesalahan tersebut kemudian yang menjadi penyebab tumbuhnya dosa-dosa pada manusia.

Baca juga: Bacaan Niat Sholat Istikharah, Lengkap Beserta Doa dan Tata Caranya

Setelah menyadari melakukan sesuatu yang dilarang oleh sang pencipta atau mengabaikan perintah-Nya, kita sebagai manusia dianjurkan untuk melakukan Sholat Taubat agar dosa-dosa yang dilakulan diampuni oleh Allah SWT.

Hal ini terdapat dalam surah Ali Imran ayat 135 yang berbunyi:

وَالَّذِيْنَ اِذَا فَعَلُوْا فَاحِشَةً اَوْ ظَلَمُوْٓا اَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللّٰهَ فَاسْتَغْفَرُوْا لِذُنُوْبِهِمْۗ وَمَنْ يَّغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اللّٰهُ ۗ وَلَمْ يُصِرُّوْا عَلٰى مَا فَعَلُوْا وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ

Artinya:

"Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui."

Tak hanya itu, setelah menjalankan Sholat Taubat, kita juga dianjurkan untuk membaca doa taubat. Hal ini tercantum dalam salah satu Hadist yang diriwayatkan dari Abu Bakar As-siddiq. Dalam Hadist tersebut, Rasulullah Saw bersabda:

مَا مِنْ عَبْدٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ

Artinya:

"Tidaklah seorang hamba yang melakukan dosa, lalu ia bersuci dengan baik lalu ia berdiri untuk salat dua rakaat, kemudian ia meminta ampunan kepada Allah melainkan Allah akan mengampuninya," (HR Abu Dawud, Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Majah).

Tata Cara Melakukan Sholat Taubat

Shalat taubat dianjurkan dilakukan pada waktu sepertiga malam atau pada waktu tahajud.

Diyakini bahwa pada sepertiga malam tersebut para malaikat menyaksikan semua doa dan memberi pengampunan kepada hamba-hambanya.

Baca juga: Niat dan Tata Cara Sholat Sunnah Tasbih, Berikut Doanya

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved