Pemko Medan

Walikota Medan Bobby Nasution Harap Normalisasi Drainase di Sejumlah Kecamatan Dapat Atasi Banjir

Guna mengoptimalkan upaya penanganan banjir yang dilakukan tersebut, menantu Presiden Joko Widodo itu kini terus gencar menormalisasi drainase.

Editor: Satia
TRIBUN MEDAN/EDWARD GILBERTH MUNTHE
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat meninjau banjir di Jalan dr Mansyur, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, Kamis(18/8/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Pengendalian banjir menjadi salah satu dari lima program prioritas yang ingin dituntaskan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Guna mengoptimalkan upaya penanganan banjir yang dilakukan tersebut, Pemko Medan di bawah kepemimpinan menantu Presiden Joko Widodo itu kini terus gencar menormalisasi drainase.

Langkah itu dilakukan guna mempercepat terurainya  debit air hujan, sehingga dapat dialirkan dengan baik agar tidak melimpah dan mengenangi jalan maupun kawasan tempat tinggal warga.

Untuk mempermudah jalannya normalisasi drainase di sejumlah titik Kota Medan yang terbilang rentan banjir, Pemko Medan melalui OPD terkait pun mengeksekusi bangunan-bangunan liar yang menutupi drainase.

Terlebih, bangunan liar di atas drainase jadi salah satu penyebab terhambatnya aliran air.

Hal ini pula yang menjadi bukti bahwa Bobby Nasution menjadi Wali Kota Medan pertama yang total dalam menormalisasi drainase.

Sebagai contoh, baru-baru ini, Pemko Medan melalui Satpol PP Kota Medan bersama pihak Kecamatan Medan Area dibantu personil TNI melakukan pembongkaran bangunan yang berdiri di atas drainase di Jalan Asia Simpang Jalan Suasa Medan.

Selain mempermudah jalannya normalisasi, penertiban itu juga dilakukan karena bangunan tersebut menyalahi aturan sekaligus mengembalikan estetika kota.

“Saya sudah instruksikan agar semua petugas yang ada dikerahkan untuk menormalisasi drainase mulai dari hulu ke hilir secara maksimal. Langsung turun ke lapangan dan berkolaborasi dengan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Pekerjaan Umum (PU), untuk memastikan sistem drainase di Kota Medan lancar dan berfungsi dengan baik,” kata Bobby Nasution baru-baru ini.

Berdasarkan data dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan hingga Agustus 2022, total rekapitulasi pemeliharaan saluran drainase yang telah dilakukan sepanjang 180.673 meter.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved