Sumut Terkini

Dua Tersangka Kasus Korupsi Dana Desa di Sergai Lemas saat Diserahkan Polisi ke Kejaksaan

Keduanya beserta barang bukti pun dihadirkan di Polres Tebingtinggi Selasa (13/9/2022). 

Penulis: Anugrah Nasution | Editor: Ayu Prasandi
HO
Dua tersangka adalah Giwanto selaku Kepala Desa dan Kiki Susan Adianto staf keuangan Desa Mainu Tongah Kecamatan Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (13/9/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, TEBINGTINGGI- Dua tersangka kasus korupsi dana desa diserahkan Polres Tebingtinggi ke Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai.

Dua tersangka tersebut yaitu Giwanto selaku Kepala Desa dan Kiki Susan Adianto staf keuangan Desa Mainu Tongah Kecamatan Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai

Keduanya beserta barang bukti pun dihadirkan di Polres Tebingtinggi Selasa (13/9/2022). 

Baca juga: Mengerikan PNS Saksi Kasus Korupsi Ditemukan Tewas Terbakar dengan Kondisi Kepala Hilang

Dengan tangan diborgol, keduanya terbukti bersalah dalam tindak pidana korupsi anggaran dana Desa Mainu Tengah tahun anggaran 2019 sebesar Rp 394 juta itu terkulai lemas saat akan diserahkan ke JPU Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai. 

Kasat Reskrim, AKP Junisar Silalahi mengatakan sebelumnya Giwanto sempat kabur usai melakukan korupsi dana desa. 

"Giwanto sempat melarikan diri ke Provinsi Jambi dan berhasil dilakukan upaya paksa membawanya pada Minggu (12/6/2022) lalu. Kemudian dilakukan penahanan dan pemeriksaan," kata Junisar. 

Junisar menyebutkan, kasus korupsi tersebut diketahui berdasarkan laporan hasil audit perhitungan kerugian keuangan negara oleh Inspektorat Kabupaten Sergai.

Saat itu tersangka Giwanto menjabat Kelapa Desa Mainu Tongah periode 2013-2019 dan Kiki  selaku kasi keuangan tidak dapat mempertanggungjawabkan penggunaan uang negara. 

"Korupsi yang dilakukan Giwanto  atas kekurangan volume pekerjaan fisik, terdapat pembayaran fiktif tidak benar atas belanja dan terdapat penarikan dana yang tidak dapat dipertanggungjawabkan seluruhnya sebesar Rp.394 juta lebih," sebut Junisar.

Baca juga: Korupsi Uang Tiket, Kepala Unit KMP Sumut I Divonis Sangat Amat Ringan oleh Hakim PT Tipikor Medan

Keuangan negara yang ditilap keduanya terjadi saat pekerjaan pengerasan jalan sepanjang 3 x 700 meter serta pembangunan  drainase sepanjang 250 meter yang ada di Desa Mainu. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved