Sosok

Sosok Syafrizal ZA, Putra Banda Aceh yang Jadi Petinggi di Kementerian Dalam Negeri

Dr. Drs. Safrizal Z.A., M.Si merupakan Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri

Penulis: istiqomah kaloko | Editor: Royandi Hutasoit
HO / Tribun Medan
Sosok Syafrizal ZA, Putra Banda Aceh yang Jadi Petinggi di Kementerian Dalam Negeri 

TRIBUN-MEDAN.COM - Dr. Drs. Safrizal Z.A., M.Si merupakan Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri yang dilantik oleh Menteri Dalam Negeri pada tahun 2020 lalu.

Putra pasangan dari Zakaria Ali dan Ainun Yusuf ini menyelesaikan pendidikannya di SMA Negeri 3 Banda aceh.

Setelah lulus dari SMA, Syafrizal memutuskan merantau ke pulau Jawa dan melanjutkan pendidikannya ke ke APDN Nasional di Jatinangor dan lulus sebagai angkatan pertama STPDN.

Saat mengenyam pendidikan di STPDN, Syafrizal dipercaya sebagai Wakil Manggala Pati (Wakil Ketua BEM) pertama Manggala Korps Praja STPDN Jatinangor.

Usai menyelesaikan studinya di STPDN, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke IIP Jakarta, dan lanjut mengambil program Doktoral di Institut Pemerintahan Dalam Negeri  (IPDN).

Pria kelahiran Banda Aceh, 21 April 1970 ini mengawali karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Saat itu ia dipercaya menjabat sebagai Lurah Kota Lhokseumawe, Banda Sakti, Lhokseumawe pada tahun 1994.

Pada tahun 1998, ia kemudian diangkat menjadi Sekretaris Camat Kecamatan Makmur Kabupaten Aceh Utara.

Ternyata, Syafrizal pernah terlibat aktif dalam persiapan pemekaran Kabupaten Bireun mulai dari awal hingga Bireun resmi menjadi sebuah daerah kabupaten yang otonom.

Di Bireun sendiri, Syafrizal pernah menjabat sebagai Kasubbag Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah pada tahun 2000 silam.

Pada tahun 2001, Syafrizal kemudian kembali lagi ke Jakarta tepatnya ke Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Disa, ia menjabat sebagai Kasi Aceh dan DKI Jakarta Subdit Otonomi Khusus Ditjen Otda Depdagri. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved