Berita Kota Medan

WALI KOTA Bobby Minta Habib Luthfi Bin Yahya Mendoakan Kota Medan Pada Kegiatan Kirab Merah Putih

Forum Komunikasi Lintas Umat (Forkolimat) adakan kegiatan doa untuk negeri dan kirab Merah Putih di depan Istana Maimun, Selasa (13/8/2022).

Penulis: Anisa Rahmadani | Editor: Risky Cahyadi

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Forum Komunikasi Lintas Umat (Forkolimat) adakan kegiatan doa untuk negeri dan kirab Merah Putih di depan Istana Maimun, Selasa (13/8/2022).

Dari amatan Tribun Medan kegiatan ini dihadiri langsung oleh Habib Muhammad Luthfi Ali Yahya, dewan pertimbangan Presiden dan Dewan Kehormatan Forkolimat.

Bukan hanya itu pemuka agama baik islam, Kristen Protestan Hindu, Budha, kristen katolik, Konghucu hadir dalam pembukaan kirab merah putih tersebut.

Acara tersebut juga di buka langsung oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Dalam sambutannya, Bobby Nasution menceritakan bangunan sejarah istana Maimun kepada Habib Muhammad Luthfi Ali Yahya.

Dalam cerita tersebut, Bobby Nasution menjelaskan banyaknya ragam etnis budaya dari berdirinya istana maimun.

"Kami izin habib mau memperkenalkan tepat di belakang kita ada Istana Maimun ini merupakan kesultanan Maimun Melayu yang terkenal di Provinsi Sumut," ucapnya mengawali sambutan.

Dikatakan Bobby Istana Maimun ini dikenal masyarakat Kota Medan dengan sebutan tanah melayu

"Izin habin jadi Kota Medan dan kesultanan ini kami kenal dengan tanah melayu," jelasnya.

Bobby juga menginformasikan bahwa 40 persen Kota Medan didominasi oleh masyarakat Jawa.


"Sedikit cerita penemu dan pendiri Kota Medan ini darah batak jadi ini tanah melayu yang menemukan Kota Medan adalah orang batak dan yang penduduk paling banyak dari Jawa dan ini baru dari tiga suku etnis yang ada di Kota Medan," jelasnya.

Selain itu Bobby juga memperkenalkan beragam etnis suku budaya yang ada di Kota Medan.

"Masih banyak lagi suku etnis yang datang seperti Kampung Madras, Arab, Tionghoa juga hadir di Kota Medan. Dan masih banyak lagi suku dan adat di kota medan," jelasnya.

Usai menceritakan tentang Istana Maimun, Bobby Nasution juga berterimakasih kepada seluruh panitia acara karena telah mengadakan acara Kirab di Kota Medan.


"Saya atas nama pemerintah Kota Medan bersama masyarakat Kota Medan mengucapkan selamat datang di Kota Medan kota yang terkenal dengan miniatur indonesia ragam syukur dan ragam agama habib alhamdulillah kirab merah putih dipercaya diadakan disini," jelasnya.

Bobby juga meminta doa kepada Habib Luthfi agar Kota Medan semakin mencapai kolaborasi.

"Harapan kami untuk memperkuat memperoleh satu kesatuan dan keragaman di kota medan. Mudah mudahan kehadiran habib bisa membawa kota medan dengan mecapai kolaborasi keberkahan," tugasnya.


Dari amatan Tribun Medan saat Bobby mengucapkan harapan kehadiran Habib Lutfi Membawa keberkahan di Kota Medan, Habib Lutfi pun langsung mengadahkan kedua tangannya kemudian mengaminkan sendiri dan diikuti oleh peserta yang hadir.

(cr5/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved