Breaking News:

10 Taman Pojok Baca Selesai Tahun Ini, Tingkatkan Minat Baca dan Literasi

Taman Pojok Baca ini bertujuan meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat Sumut, terutama para generasi muda.

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/HO
Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah mengunjungi Dinas Perpusatkaan dan Arsip Daerah Sumut, di Jalan Brigjend Katamso Medan, Kamis (15/9/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah (Ijeck) berjanji 10 Taman Pojok Baca di 10 daerah kabupaten/kota di Sumut dipastikan akan selesai pada akhir tahun 2022.

Sebanyak 10 Taman Pojok Baca tersebut yakni berada di Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Karo, Kabupaten Pakpak Bharat, Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Selatan, Kota Tebingtinggi, Kabupaten Labura, Kabupaten Batubara, Kabupaten Toba, dan Kabupaten Tapanuli Selatan.

Musa Rajekshah mengatakan, Taman Pojok Baca ini bertujuan meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat Sumut, terutama para generasi muda.

Ijeck mengaku sudah menginginkan agar Taman Pojok Baca tersebut cepat selesai dibangun, untuk meningkatkan pembangunan literasi masyarakat di daerah. Karena seperti yang diketahui bahwa indeks pembangunan literasi masyarakat Sumut masih rendah.

"Seiring berjalannya waktu barulah sekarang realisasinya. Taman Pojok Baca ini nantinya bisa digunakan anak-anak daerah untuk meningkatkan literasinya," ujar Musa Rajekshah saat kunjungan Wagub Sumut Musa Rajekshah ke Dinas Perpusatkaan dan Arsip Daerah Sumut, di Jalan Brigjend Katamso Medan, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Tingkatkan Minat Baca, Putri Ajak Anak Belajar Sambil Bermain di Taman Baca

Selain itu, Ijeck juga mendorong agar koleksi buku di Perpusatkaan Digital, terus diperbanyak. Ini juga bagian dari upaya untuk meningkatkan minat baca di Sumut.

"Jadi aplikasinya lebih di-update. Dengan perpustakaan digital ini mereka bisa membaca buku dari gadgetnya langsung. Begitu juga untuk arsip. Arsip ini juga harus secara digital," harap Ijeck.

Saat melakukan kunjungan, Ijeck didampingi Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumut Dwi Endah Purwanti. Begitu tiba, Ijeck langsung membuat kartu anggota perpusatkaan.

Ia juga melihat beberapa ruangan dan buku-buku yang ada di perpustakaan. Serta menyapa beberapa mahasiswa yang sedang mengunjungi perpustakaan. "Kita tanya sama mereka apa yang kurang. Dan ini jadi bahan masukan kita," ujarnya.

Dalam sisi anggaran, Ijeck juga akan berupaya agar ada perbaikan gedung perpustakaan Sumut sehingga lebih menarik lagi.

"Akan kita lihat keuangan daerah kita untuk perbaikannya. Besar harapan kita perpustakaan ini bisa terus berbenah dan berinovasi, sehingga masyarakat kita benar-benar nyaman membaca ini. Pun begitu masyarakat di pelosok daerah literasinya bisa meningkatkan," harapnya.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumut Dwi Endah Purwanti mengatakan, bahwa saat ini anggaran untuk dinas mereka sekitar Rp 26 miliar. Anggaran tersebut untuk gaji pegawai dan program kegiatan.

Dari anggaran tersebut, pihaknya memaksimalkan agar melahirkan program yang bagus untuk meningkatkan literasi masyarakat Sumut. "Kita berharap Taman Pojok Baca ini cepat selesai. Begitu juga dengan perpustakaan digital kita sudah berjalan. Dan ke depan buku-buku kita juga akan kita tambah," ujar Dwi.

Eka, mahasiswa UIN Sumut yang hadir saat itu mengatakan, bahwa pada prinsipnya Perpustakaan Sumut sudah lebih baik. Ia berharap ke depan ada penambahan buku. "Dari kunjungan Pak Wagub ini kami berharap ada peningkatan jumlah buku di sini," sebutnya.

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved