Breaking News:

Pemkab Sergai

Tingkatkan Literasi, Wabup Sergai Adlin Tambunan Ajak Masyarakat dan Anak Sekolah Membaca Koran

Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Tambunan mengatakan, saat ini angka literasi masyarakat Serdang Bedagai masih harus ditingkatkan.

Editor: Satia
Dok. Pemkab Serdangbedagai
Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai bekerjasama dengan Serikat Perusahaan Pers (SPS) mengadakan Gerakan Kampanye Baca Koran Millenial, di lapangan Bola, Desa Batang Terap, Kecamatan Perbaungan, Rabu (14/9/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, SERGAI - Demi meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat khususnya generasi muda, Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai bekerjasama dengan Serikat Perusahaan Pers (SPS) mengadakan Gerakan Kampanye Baca Koran Millenial, di lapangan Bola, Desa Batang Terap, Kecamatan Perbaungan, Rabu (14/9/2022).

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya yang diwakili Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Tambunan mengatakan, saat ini angka literasi masyarakat Serdang Bedagai masih harus ditingkatkan.

Sehingga menurutnya, gerakan ayo membaca harus ditingkatkan agar minat baca anak meningkat.

"Selain gerakan membaca koran demi meningkatkan minat baca ini, kita juga tengah membangun perpustakaan bertaraf Nasional, Insha Allah perpustakaan ini akan segera selesai dan diharapkan minat baca khususnya kalangan muda meningkat, " Ujarnya.

Ia bercerita bahwa dulu, setiap pagi atau sore hari orang tua kita selalu membaca koran untuk mendapatkan informasi.

Ada yang ditemani kopi/teh duduk didepan teras rumah.

"Dan dulu, setiap hari senin, saya selalu membaca koran, yang dibuka halaman olahraga. Kita ingin tahu pertandingan sepak bola tadi malam siapa pemenangnya, namun kini kegiatan itu mulai pudar karena kemudahan akses semenjak adanya internet dan media sosial, " Ucapnya.

Namun kebiasaan itu kini mulai pudar, kegemaran membaca koran sudah mulai luntur seiring berkembangnya internet dan media sosial.

"Makanya, kebiasaan itu harus kita giatkan kembali. Kegemaran membaca buku atau membaca koran harus ditingkatkan agar angka literasi kita meningkat seiring dengan berkembangnya tekhnologi. Tidak semua bisa dijangkau dengan tubuh, namun dengan membaca koran, kita bisa melihat dunia, karena membaca adalah jendela dunia,"jelasnya.

Menurutnya, perkembangan tekhnologi harus disikapi dengan bijak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved