Breaking News:

Berita Medan

Instruksi Presiden Soal Penggunaan Mobil Listrik Sebagai Kendaraan Dinas, Begini Kata Bobby Nasution

Bobby Nasution mengaku akan menindaklanjuti Instruksi Presiden soal penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan dinas, namun perlu dibahas terlebih dah

TRIBUN MEDAN/ANISA RAHMADANI
Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat diwawancarai, Kamis (15/9/2022) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Presiden Joko Widodo menginstruksikan semua instansi pemerintah agar menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas

Kebijakan tersebut dalam Instruksi Presiden Nomor 7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Menanggapi kebijakan Presiden tersebut, Wali Kota Medan Bobby Nasution menyatakan bahwa Pemko Medan akan turut menindaklanjutinya.

Baca juga: Bobby Nasution Bersama Pejabat Kementerian PUPR Kunjungi Belawan, Bahas Penyelesaian Banjir Rob

"Iya, pasti keinginan kita, Medan yang termasuk kota besar di Indonesia sudah, tengah mempersiapkan ke arah sana dan akan segera kita tindak lanjuti," jelas Bobby, Jumat (16/9/2022).

Diungkapkan Bobby, bahwa pada APBD Kota Medan, pihaknya sebelumnya telah mengalokasikan anggaran untuk mobil dinas, namun akhirnya pengadaanya urung dilakukan.

"Kalau secara APBD memang kemarin secara struktur keuangan mobil dinas ini ada anggarannya, tapi kita coret kemarin, secara memang untuk mobil ini dari awal tahun sudah kita bicarakan, dan ada skema pertama kita dari instruksi Presiden untuk tidak ada lagi beli mobil dinas tapi hanya kita sewa saja. Itu opsi kita kemarin," jelasnya. 

Namun, lanjut Bobby, dengan adanya Instruksi Presiden untuk menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas, maka perlu adanya pembahasan dengan pihak terkait dalam rapat selanjutnya. 

"Karena ini ada instruksi, jadi nanti kita tambahkan opsi ini dalam rapat tentang penggunaan mobil listrik," jelasnya. 

Baca juga: Walikota Medan Bobby Nasution Dampingi Dirjen Kementerian PUPR Tinjau Gedung Baru Pasar Aksara

Ditanya target realisasi penggunaan mobil listrik di jajaran Pemko Medan, Bobby belum bisa memastikan.

"Untuk target tentu akan kita diskusikan terlebih dahulu, karena Instruksi Presiden ini masih baru maka kita akan pola kan dulu dengan pihak lainnya," ucapnya.

(cr5/tribun-medan.com)

 

 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved