Breaking News:

Berita Sumut

Delapan Warga Sekitar PT SMGP Pingsan, Diduga Keracunan Akibat Menghirup Gas Bocor Perusahaan 

Sebanyak delapan orang warga sekitar Wellpad Tenggo PT SMGP, di Desa Sibanggor Julu mengalami muntah-muntah, bahkan hingga jatuh pingsan.

Penulis: Fredy Santoso | Editor: mustaqim indra jaya
HO/Tribun Medan
Sejumlah warga yang diduga keracunan gas dari PT SMGP saat mendapat perawatan medis, Jumat (16/9/2022) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sebanyak delapan orang warga sekitar Wellpad Tenggo PT SMGP, di Desa Sibanggor Julu mengalami muntah-muntah, bahkan hingga jatuh pingsan.

Para warga itu diduga menghirup aroma bau busuk dari gas sumur milik Sorik Marapi Geotermal Power (SMGP), karena lokasinya berdekatan dengan Desa Sibanggor Julu.

Kapolres Mandailingnatal AKBP M Reza Chairul mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Jumat 16 September 2022 kemarin, sekitar pukul 19:30 WIB.

Baca juga: Aktivitas Proyek Nasional PT SGMP Terbukti Diduga Racuni Masyarakat Madina, Tapi Tidak Ada Tersangka

Awalnya warga mencium aroma busuk yang menyebabkan muntah-muntah hingga harus dibawa ke RSUD Panyabungan dan RS Permata Madina.

Warga Madina Pingsan Hirup SGMP
Warga di Kabupaten Mandailingnatal yang diduga keracunan gas dari PT SMGP saat mendapat perawatan medis, Jumat (16/9/2022)

Warga yang keracunan pun sampai saat ini masih dirawat di rumah sakit.

Adapun warga yang dirawat di RSUD Panyabungan adalah Alpin Husein (9), Yusri Isa Mahendra (20), Parwis (40) dan Nurhabibah (62).

Sementara Humaidi Nasution (25), Nazaruddin Tanjung (65), Hasmar Husein Nasution (35) dan Sangkot Masripa Nasution (48) di rawat di Rumah Sakit Permata Madina.

"Sesuai keterangan dari Kepala Desa Sibanggor Julu menyatakan karena tercium aroma busuk tersebut menyebabkan warga panik dan mengamankan diri ke lapangan sepak bola Desa Sibanggor Julu," AKBP Reza, Sabtu (17/9/2022).

Baca juga: Edy Rahmayadi Sebut PT SMGP Tidak Mungkin Ditutup, Padahal Diduga Kerap Picu Keracunan Massal

Berdasarkan keterangan yang diterima polisi dari pihak PT SMGP, saat itu mereka sedang melakukan pekerjaan memasukkan kabel ke dalam sumur.

Akibat peristiwa ini sekitar seratus warga sempat menggeruduk PT SMGP, namun membubarkan diri akibat tak mendapat tanggapan dari pihak perusahaan.

"Kemudian warga Desa Sibanggor Julu diarahkan oleh Kepala Desa untuk kembali ke Desa untuk melakukan musyawarah."

(cr25/tribun-medan.com)

 


 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved