Breaking News:

Pemko Medan

Atasi Permasalahan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Medan Lakukan Sosialisasi Pembudidayaan Maggot

Pembinaan yang dilakukan bersama komunitas Eco Enzyme Nusantara ini berupa sosialisasi pembudidayaan Maggot atau larva dari lalat hitam.

Editor: Satia
Dok. Pemko Medan
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat melihat langsung Becak Sampah, di Kecamatan Medan Johor 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Pemko Medan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan melakukan pembinaan kampung iklim di Kelurahan Medan Tenggara, Medan Denai, Sabtu (17/9/2022). 

Pembinaan yang dilakukan bersama komunitas Eco Enzyme Nusantara ini berupa sosialisasi pembudidayaan Maggot atau larva dari lalat hitam.

Maggot dinilai memiliki banyak manfaat khususnya dapat mengurangi permasalahan sampah.

Sehingga dengan pembudidayaan Maggot ini dapat mewujudkan program prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution terutama di bidang persampahan.

Peserta yang didominasi oleh ibu- ibu ini begitu antusias mengikuti pembinaan budidaya maggot.

Penjelasan yang disampaikan para narasumber terkait dengan maggot baik itu kegunaan dan manfaatnya diserap dengan baik oleh para peserta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan Zulfansyah mengungkapkan bahwa pembudidayaan maggot merupakan salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Medan.

Sebab maggot dinilai memiliki banyak manfaat. 

Selain memberikan manfaat ekonomi, budidaya maggot akan mengurangi sampah yang dibuang ke TPA.
 
"Maggot atau belatung bertahan hidup dengan memakan sampah organik. Kemampuannya mengurai sampah organik seperti sisa buah dan sayuran sangat cepat. Artinya Maggot itu bisa mengonsumsi sampah organik dua setengah kali berat badannya. Satu kilo maggot bisa menghabiskan dua setengah kilo sampah organik. Ini kan sangat signifikan mengurangi sampah organik ke TPA. Seandainya gerakannya massif di seluruh Medan, sampah organik di kota ini bisa berkurang banyak," Jelas Kadis Lingkungan Hidup

Zulfansyah juga menjelaskan dari sisi ekonomi, budidaya maggot memberikan keuntungan yang menggiurkan.

Salah satu pakan ternak yang memiliki kualitas unggul adalah hasil budidaya maggot.

Oleh sebab itu pakan dari budidaya maggot ini termasuk yang dicari oleh peternak.  

"Budidaya maggot juga memiliki manfaat lainnya seperti menghasilkan pupuk untuk menumbuhsuburkan tanaman yang berkualitas. Oleh karena itu rutin menggelar Pembinaan pembudidayaan maggot untuk masyarakat," Sebutnya.

 

*

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved