Brigadir J Ditembak Mati

Nasib Ferdy Sambo di Polri Diputuskan Hari Ini, Kemungkinan Besar Dipecat, Kapolri Kasih Bocoran

Sidang banding Ferdy Sambo digelar hari ini, Senin (19/9/2022). Ferdy Sambo mendapatkan sanksi pemberhentian dengan tidak hormat (PDTH)

HO
Ferdy Sambo dipecat dari Kepolisian, lalu minta banding. Aktifis SUAR menilai tidak ada moralnya. 

TRIBUN-MEDAN.com - Sidang banding Ferdy Sambo digelar hari ini, Senin (19/9/2022). Ferdy Sambo mendapatkan sanksi pemberhentian dengan tidak hormat (PDTH) atas kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat.  

Nasib Irjen Ferdy Sambo di kepolisian akan ditetapkan dalam sidang banding kode etik hari ini, Senin (19/9/2022) sekitar pukul 10.00WIB.

Mantan Kadiv Propam Polri itu sebelumnya mengajukan banding atas pemecatannya dari Institusi Polri.

Sidang banding Ferdy Sambo akan diselenggarakan di Gedung TNCC, Mabes Polri.

Sidang banding Ferdy Sambo akan dipimpin oleh jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen).

Namun identitas sang jenderal nyatanya belum diungkap oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo menuturkan, wakil ketua dan anggota sidang banding ada empat pejabat Polri bintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen).

Dedi pun menjelaskan mekanisme sidang banding yakni tidak akan dihadiri Ferdy Sambo sebagai terduga pelanggar atau pendampingnya.

Sidang nantinya hanya dihadiri perangkat Komisi Banding dan Sekretariat Rowabprof Divpropam Polri.

Mekanisme tersebut, kata Dedi sudah sesuai Pasal 79 Perpol 7 tahun 2022 dimana menyatakan KKEP Banding memeriksa dan meneliti berkas banding, meliputi pertama pemeriksaan pendahuluan, kedua persangkaan dan penuntutan, ketiga nota pembelaan, keempat putusan Sidang KKEP dan kelima memori Banding.

Dedi menambahkan, KKEP Banding melakukan penyusunan pertimbangan hukum dan amar putusan dan pembacaan putusan KKEP Banding oleh Ketua KKEP.

"Berkas untuk banding sudah diterima dan dipelajari perangkat komisi banding, sehingga saat sidang banding menyampaikan pertimbangan masing-masing, penyiapan amar putusan, dan pembacaan putusan," katanya.

Lebih lanjut, Dedi menuturkan sesuai Perpol 7 tahun 2022 pasal 81 ayat 2 bahwa penyampaian putusan sidang KKEP banding dilaksanakan oleh sekretariat KKEP dalam jangka waktu paling lama 3 hari kerja setelah diputuskan.

Penasehat Ahli Kapolri: Tidak Dikabulkan

Halaman
123
Sumber: Tribun Bogor
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved