Breaking News:

Pemkab Sergai

Tingkatkan Wisatawan, Bupati Kabupaten Sergai Darma Wijaya Dukung Sertifikasi bagi Pemandu Wisata

Darma mengatakan bahwa pramuwisata yang kompeten mampu menambah kenyamanan pengunjung dan sangat berdampak baik bagi sektor wisata.

Editor: Satia
Dok. Pemkab Serdangbedagai
Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya saat membuka Pelaksanaan Sertifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata yang diadakan oleh Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2022 melalui Himpunan Pramuwisata Indonesia Kabupaten Serdang Bedagai di Aula Jericho Stable, Senin (19/9/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, SERGAI - Kehadiran pramuwisata yang bersertifikasi dan kompeten diharapkan mampu menaikkan popularitas sektor pariwisata di Kabupaten Serdang Bedagai baik dari sisi pengunjung hingga citra tempat wisata itu sendiri.

Hal ini dikatakan Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya saat membuka Pelaksanaan Sertifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata yang diadakan oleh Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2022 melalui Himpunan Pramuwisata Indonesia Kabupaten Serdang Bedagai di Aula Jericho Stable, Senin (19/9/2022).

Darma mengatakan bahwa pramuwisata yang kompeten mampu menambah kenyamanan pengunjung dan sangat berdampak baik bagi sektor wisata.

"Untuk menarik pengunjung, tidak bisa mengandalkan kondisi alam saja dan budaya saja. Pemandu wisata yang cekatan, baik, ramah, dan paham seluk beluk tempat wisata itu juga menambah nilai plus bagi wisatawan," katanya.

Ia juga berterimakasih kepada HPI yang terus bergerak membantu Pemkab Sergai dalam mewujudkan Sapta Dambaan poin keenam yakni Wisata Maju Terus.

"Dengan aktifnya HPI, maka Pemerintah daerah punya tambahan kekuatan untuk mewujudkan wisata Sergai maju terus. Mustahil Pemkab mewujudkan kemajuan tanpa sinergitas pihak-pihak terkait yang saling mendukung," tambahnya.

Oleh karenanya, pria yang akrab disapa Wiwik ini berharap kepada 50 pemandu wisata yang hadir dapat memanfaatkan momen sertifikasi ini dengan baik.

"Jangan biarkan wisatawan kita pulang tanpa membawa pengalaman menarik dari tempat wisata yang ditujunya. Kadang, keramahan guide bisa jadi kesan yang membuat mereka datang lagi ke sini. Kalau bisa tidak ada lagi calo-calo yang bikin wisatawan kurang nyaman," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua HPI Sergai Syafrizal mengucapkan rasa terimakasihnya atas dukungan yang diberikan Pemkab Serdang Bedagai.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Pak Bupati yang selalu mendukung HPI begitu juga kami yang akan terus berusaha untuk memajukan dan mengenalkan pariwisata Sergai ke seluruh nusantara. Dengam sertifikasi ini, kita tunjukkan bahwa SDM pariwisata Sergai mampu membawa wisata Sergai Maju Terus," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Budianto perwakilan dari DPP HPI. Budi menilai dukungan kepala daerah sangat membantu HPI untuk berkembang dan menghasilkan SDM yang unggul.

"Luar biasa Pak Bupati. Kami yakin jika sinergitas dan dukungan terus seperti ini, wisata Sergai pasti maju," pungkasnya.

 

*

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved