Breaking News:

Sosok

Sosok Teuku Taufiqulhadi, Putra Sigli yang Kini Menjabat Staf Khusus Menteri Agraria

Teuku Taufiqulhadi merupakan seorang politikus asal Aceh yang saat ini menjabat sebagai staf khusus Menteri Agraria dan Tata Ruang

Penulis: istiqomah kaloko | Editor: Royandi Hutasoit
HO / Tribun Medan
Teuku Taufiqulhadi, staf khusus Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional bidang Kelembagaan yang pernah menjabat sebagai DPR-RI 

TRIBUN-MEDAN.COM - Teuku Taufiqulhadi merupakan seorang politikus asal Aceh yang saat ini menjabat sebagai staf khusus Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional bidang Kelembagaan.

Sebelumnya, pada pemilu 2014 lalu, Taufiqulhadi terpilih menjadi Anggota DPR RI periode 2014-2019.

Saat itu ia diusung oleh Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dengan Daerah Pemilihan (Dapil) Jatim IV yakni Kabupaten Jember dan Lumajang.

Taufqulhadi lahir pada 17 November 1960 di Sigli, Aceh. Taufikulhadi memulai pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Sigli, lalu ia melanjutkan Sekolah Menengah di Banda Aceh.

Setelah lulus SMA, Taufiqulhadi merantau ke Pulau Jawa dan melanjutkan pendidikan Sarjananya di Universitas Jember. Ia mengambil jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).

Pada tahun 2007, Taufiqulhadi mengambil program Pasca Sarjana Ilmu Politik di Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 2009.

Tak berhenti di sana, Taufiqulhadi kemudian melanjutkan pendidikannya dengan masuk program Doktoral Ilmu Hubungan Internasional Padjajaran.

Taufiqulhadi memulai karirnya di bidang politik dengan menjadi Wakil Sekjen DPP PPP tahun 2003 – 2009 di bawah kepemimpinan Suryadharma Ali periode pertama.

Pada saat itu, politikus kelahiran Aceh itu mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada Pemilihan Umum (PEMILU) tahun 2004 untuk Dapil Aceh ll namun belum berhasil.

Pada Pemilu 2009, Taufiqulhadi kembali mencalonkan diri di Dapil Aceh ll dari Partai yang sama, namun tetap belum berhasil.

Tak ada kata menyerah dalam diri Taufiqulhadi. Pada Pemilu 2014 lalu, ia kembali mencalonkan diri menjadi Anggota DPR-RI.

Tokoh PPP ini akhirnya menggunakan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sebagai perahunya dalam dunia politik.

Tak lagi di Aceh, Taufikulhadi mencalonkan diri sebagai Anggota DPR dengan Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa timur IV yakni Kabupaten Jember dan Lumajang.

Taufiqulhadi memilih Dapil IV Jatim karena ia merasa memiliki 'chemestry' dengan tanah dan masyarakat di Jember dan Lumajang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved