Breaking News:

Berita Sumut

Tanpa Dihadiri Riski Hasibuan, Rapat Paripurna Usulan Pemberhentian Ketua DPRD Sergai Tetap Berjalan

Politisi Partai Gerindra, Risky Hasibuan tidak hadir pada saat rapat paripurna usulan pemberhentian dirinya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Sergai. 

Tribun Medan/Anugrah Nasution
Suasana rapat paripurna agenda usulan pemberhentian Ketua DPRD Sergai, Selasa (20/9/2022) 

TRIBUN-MEDAN.com, SERGAI - Politisi Partai Gerindra, M Riski Ramadhan Hasibuan tidak hadir pada saat rapat paripurna usulan pemberhentian dirinya sebagai Ketua DPRD Kabupaten Sergai yang digelar, Selasa (20/9/2022). 

Tanpa kehadiran Risk Ramadhan Hasibuan, rapat paripurna usulan pemberhentian Ketua DPRD Sergai pun tetap berjalan dengan dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sergai, Samsul Bahri, Merlin Barus dan Siswanto. 

Rapat paripurna usulan pemberhentian Ketua DPRD Sergai merupakan tindaklanjut surat DPP Partai Gerindra perihal pergantian pimpinan DPRD dari Riski Ramadhan Hasibuan kepada M Ilham Ritonga.

Baca juga: Penentuan Nasib Risky Hasibuan Sebagai Ketua DPRD Sergai Ditentukan Hari Ini

"Berdasarkan surat masuk dari DPP Partai Gerindra yang mengusulkan pergantian Ketua DPRD Risky Hasibuan kepada M Ilham Ritonga. Kedua menyampaikan usulan pergantian Ketua DPRD kepada Gubernur Sumatera Utara melalui Bupati Sergai untuk mendapatkan persetujuan," kata Samsul membacakan surat usulan pergantian. 

Pada rapat tersebut, DPRD Sergai kemudian menuliskan berita acara pengusulan pemberhentian Ketua DPRD untuk diserahkan ke Gubernur Sumut. 

"Segala keperluan biaya untuk pergantian Ketua DPRD Sergai akan dibebankan kepada APBD Kabupaten Sergai. Dan jika sewaktu waktu hal hal yang berkaitan dengan keputusan diatas dapat ditinjau kembali," tuturnya. 

Riski Ramadhan Hasibuan sendiri adalah Ketua DPRD terpilih priode 2019 - 2024.

Politisi Gerindra itu diberhentikan oleh DPP Partai Gerindra melalui surat DPP Gerindra nomor :  8-0407/Kpts/DPP GerindraGerindra/2019 tanggal 26 Agustus 2019 tentang pimpinan Ketua  DPRD dikeluarkan sejak 16 Juli 2022 lalu. 

"Hasilnya akan diserahkan kepada Gubernur untuk nanti bisa ditindaklanjuti dan dilanjutkan dengan pemberhentian Ketua DPRD sebelum dilakukan pergantian," lanjut Samsul. 

Baca juga: Pergantian Ketua DPRD Sergai, BKD Bakal Konsultasi ke MKD DPR RI dan Partai Gerindra

Sementara itu, Ketua Badan Kehormatan Dewan, Longway Pakpahan mengatakan, usulan pergantian Ketua DPRD tidak melalui BKD karena Riski Hasibuan diberhentikan melalui usulan Partai. 

Meski begitu, Longway merasa wajar dengan pergantian tersebut karena partai hal itu adalah wewenang partai. 

"Karena tidak melanggar etik maka usulan pemberhentian dilaksanakan melalui rapat paripurna. Hal ini biasa terjadi dalam politik dan itu memang merupakan wewenangnya partai," kata dia.

(cr17/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved