News Video

Roy Rening Minta Mahfud MD Tak Ikut Campur Soal Kasus Lukas Enembe

Dalam hal ini Roy Rening menegaskan, yang dikatakan Mahfud MD menurutnya hanya memperkeruh situasi hingga membingungkan masyarakat.

Editor: Bobby Silalahi

TRIBUN-MEDAN.COM - Kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe, Roy Rening meminta Menko Polhukam Mahfud MD tak ikut campur dalam kasus yang menjerat kliennya, Senin (19/9/2022).

Dalam hal ini Roy Rening menegaskan, yang dikatakan Mahfud MD menurutnya hanya memperkeruh situasi hingga membingungkan masyarakat.

Roy Rening menambahkan pernyataan Mahfud MD ini diungkapkan di luar penyelidikan dan tidak pro justicia atau demi keadilan.

Selaku kuasa hukum orang nomor satu di Papua ini, Roy Rening meminta agar Menkopolhukam tidak mengeluarkan statement menyesatkan.

Roy menegaskan, agar pihak-pihak bersangkutan fokus dengan kasus gratifikasi senilai Rp 1 miliar yang saat ini mejerat Lukas.

Menurut Roy, cara yang dilakukan Mahfud MD terhadap Lukas Enembe merupakan pembunuhan karakter.

Ia meminta agar pihak mana pun tak membangun statement lain hingga menyesatkan publik.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD menjabarkan sejumlah temuan terkait Gubernur Papua Lukas Enembe, tersangka gratifikasi Rp 1 miliar.

Ia menjelaskan, ada laporan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tentang dugaan korupsi atau ketidakwajaran dari penyimpanan dan oengelolaan uang Lukas Enembe.

Bahkan nominalnya hingga ratusan miliar rupiah.

Mahfud menjelaskan, saat ini rekening atas nama Lukas Enembe dengan nominal uang sebesar Rp 71 miliar sudah diblokir.

Sementara itu, ada pula kasus-kasus lain yang menyeret Lukas Enembe seperti, dana operasional pimpinan, pengelolaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, pencucian uang.

Mahfud MD menjelaskan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama ini tak berhasil melakukan pemeriksaan karena Lukas selalu beralasan tak bisa diperiksa.

Sehingga BPK lebih banyak disclaimer atas kasus keuangan di Papua tersebut. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved