Sosok

Sosok Teuku Riefky Harsya, Pentolan Partai Demokrat Berdarah Aceh, Cucu Penerima Bintang Mahaputera

Riefky Harsya juga aktif dalam kepengurusan Partai Demokrat di DPC Jakarta Pusat pada tahun 2002 hingga 2005.

Penulis: istiqomah kaloko | Editor: Royandi Hutasoit
HO / Tribun Medan
Teuku Riefky Harsya, Politisi berdarah Aceh yang sudah menjabat sebagai DPR RI selama 4 periode 

TRIBUN-MEDAN.COM - Teuku Riefky Harsya merupakan politisi berdarah Aceh yang sudah duduk di kursi DPR RI selama 4 periode berturut-turut.

Riefky Harsya memulai karir politiknya dengan turut serta bergabung dalam Relawan SBY pada tahun 2000 lalu. Ia turut mengumpulkan KTP pendirian Partai Demokrat.

Tak hanya itu, Riefky Harsya juga aktif dalam kepengurusan Partai Demokrat di DPC Jakarta Pusat pada tahun 2002 hingga 2005.

Banyak proses yang sudah dilewati Riefky Harsya hingga berada di puncak karir politiknya saat ini. Ia memulai dari berbagai jabatan yang berjenjang, dari bawah hingga berbagai jabatan strategis di DPP Partai Demokrat selama 15 tahun terakhir.

Termasuk menjadi Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat dan Wakil Komandan I KOGASMA (Komando Satuan Tugas Bersama) dibawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono.

Putra pertama Pasangan pasangan Alm. T. Syahrul Mudadalam (Pendiri HIPMI) dan Pocut Haslinda Azwar (Penulis Sejarah Islam Melayu-Nusantara) ini mengawali karirnya di DPR RI pada usia 33 tahun.

Saat itu ia menggantikan Alm. Prof. Rusli Ramly yang meninggal dunia pada tahun 2005.

Sejak saat itu, Riefky berhasil lolos tiga Pemilu Legislatif selanjutnya (2009, 2014, 2019) dan mencetak ‘hat trick’ dalam perolehan suara tertinggi di Provinsi Aceh. Bahkan pada periode 2009 secara persentase Ia menempati suara tertinggi ke-10 Nasional.

Selama duduk di bangku DPR RI, Riefky Harsya dipercaya DPP Partai Demokrat dalam berbagai penugasan strategis di DPR, seperti Ketua Komisi VII (bidang Energi), Sekretaris FPD (saat FPD beranggotakan 148 orang), Ketua Komisi X (bidang Dikbud), Wakil Ketua Badan Anggaran.

Kini Riefky menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I (bidang Pertahanan) merangkap Sekretaris FPD mendampingi Ketua Fraksi, Edhie Baskoro Yudhoyono.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved