Perbankan

77 Bank Sudah Gunakan BI-Fast, Simak Keuntungan Menggunakannya

Menurutnya, sebagai otoritas, BI harus melakukan reformasi dalam mewujudkan ekonomi dan keuangan digital. 

TRIBUN MEDAN/ANGEL
Foto bersama dalam sosialisasi Akselerasi Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital Indonesia melalui BI-Fast di Hotel JW Marriott Medan, Jumat (23/9/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sebanyak 77 bank telah menjadi peserta atau menggunakan BI-Fast, dimana jumlah tersebut sama dengan 85 persen bank yang sudah menggunakannya. 

Demikian disampaikan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Doni Primanto Joewono saat menghadiri sosialisasi Akselerasi Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital Indonesia melalui BI-Fast di Hotel JW Marriott Medan, Jumat (23/9/2022). 

Doni mengatakan pihaknya ke depan akan membuka layanan BI-Fast untuk lembaga selain bank seperti OVO, Shopee, Dana dan lainnya. Saat ini, pihaknya masih memeriksa sistemnya siap atau tidak.

Baca juga: TRANSFER Antar Bank melalui BI Fast di BSI Mobile hanya Rp 2500

“Saat ini beberapa bank belum siap, selain sistemnya belum siap, untuk infrastrukturnya harus investasi. Kalau bank besar ya tak apa-apa karena transaksinya tinggi sementara kalau bank kecil kan transaksinya ga sebanyak misal seperti BCA dan Mandiri. Namun ada beberapa bank daerah yang asetnya tidak besar, mereka pakai multi tenancy,” ungkapnya. 

Ia menuturkan, dengan adanya BI-Fast masyarakat bisa melakukan transaksi pembayaran digital 24 jam dalam tujuh hari dan secara real-time apalagi biaya adminnya murah hanya Rp2.500 dibanding online transfer senilai Rp6.500. 

Menurutnya, sebagai otoritas, BI harus melakukan reformasi dalam mewujudkan ekonomi dan keuangan digital. 

BI-Fast memiliki keunggulan CEMUMUAH yakni Cepat, Mudah, Murah, Aman dan Handal. Saat ini maksimal transaksi yang bisa dilakukan melalui BI-Fast adalah  Rp250 juta. 

"Kita berharap ke depan BI-Fast ini bisa gratis agar lebih memudahkan masyarakat. Sementara itu terkait keamanan, karena di dalam sistemnya ada front detection, Insya Allah aman. Kita sudah menguji," terangnya.

Ia menambahkan, BI-Fast juga sangat penting bagi UMKM sebab uangnya realtime dan cashflownya juga cepat. 

Ia berharap, BI-Fast  bisa menjadi solusi transaksi digital yang ramah bagi semua kalangan.

(cr9/Tribun-Medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved