Berita Seleb

PROFIL dan Biodata Penyanyi Pinkan Mambo, Berjuang Sendiri Menghidupi Lima Anaknya, Kini Mau Cerai

Pinkan Ratnasari Mambo atau yang lebih kenal Pinkan Mambo merupakan salah satu penyanyi Indonesia yang memiliki penampilan dan suara khas

Editor: Abdi Tumanggor
Youtube/MAIA ALELDUL TV)
Maia Estianty akhirnya nyanyi bareng mantan duetnya di Duo Ratu, Pinkan Mambo. 

“Aku sudah biasa jadi kuli, sudah biasa belanja jam 1 malam aku bangun, jualan pisang,” kata Pinkan Mambo dalam YouTube Trans7 Official, Rabu (16/9/2020). “Iya aku tuh jualin pisang ke jalanan, jalan kaki, enggak punya motor, enggak punya apa-apa,” jelasnya lagi.

Selain menjajakan pisang goreng, Pinkan Mambo mencoba peruntungan di bisnis laundry. Hal itu dilakukan oleh Pinkan Mambo demi menghidupi kelima anaknya dan juga dirinya dan suaminya karena suaminya terkena PHK karena covid-19. “Yang hectic banget itu yang sekarang sejak pandemi ini. Sejak Covid ini aku benar-benar melakukannya, katering dan laundry," kata Pinkan.

Pinkan juga menjelaskan harga dari usaha laundrynya tersebut. “Laundry Pinkan Mambo itu lima kilogramnya Rp 45.000, itu cuci, kering, lipat. Tapi kalau mau disetrika itu Rp 55.000," ungkapnya.

Setelah utangnya lunas, Pinkan Mambo pun kembali bangkit.

Pinkan Mambo live Instagram jualan baju
Pinkan Mambo live Instagram jualan baju (Instagram)

Pindah ke rumah kecil

Saat jadi bintang tamu kanal YouTube Langit Entertainment, Pinkan Mambo mengatakan, ia dan keluarga hanya pindah ke rumah yang lebih kecil hal itu karena enggak punya duit lagi karena dampak pandemi Covid-19. “Itu bukan bangkrut, tapi kalau enggak punya duit, iya. Karena rumahnya gede banget, tujuh kamar,” kata Pinkan dikutip Kompas.com, Sabtu (7/8/2021).

Menurut Pinkan, beberapa barang dijualnya karena akan pindah ke rumah yang lebih kecil. Sehingga, tidak bisa menampung semua barang miliknya. “Kita harus down grade, habiskan semuanya sampai komputer di jualin," ujar Pinkan Mambo.

"Tapi, kalau jual codet bukan bangkrut, kita memang mau pindah ke rumah kecil. Barang-barang di rumah enggak cukup, makanya dijualin,” ucap Pinkan Mambo lagi.

Alasan Pinkan dan keluarganya pindah ke rumah yang lebih kecil lantaran suaminya terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Oleh karenanya, ia dan suami tak bisa menanggung biaya hidup mereka ketika berada di rumah yang besar.

“Karena suamiku di-PHK kita harus pindah ke rumah sekecil-kecilnya,” ucap Pinkan Mambo.

"Intinya enggak mau urus barang-barang kayak orang bego, jadinya habis waktu tenaga," pungkas Pinkan Mambo dalam pesan singkatnya WhatsApp kepada Kompas.com, Minggu (4/4/2021).

Seiring berjalannya waktu, keadaan ekonomi Pinkan Mambo mulai membaik. Usaha showroom mobil Kerja keras Pinkan Mambo membuahkan hasil, kini dia sudah memiliki showroom mobil yang merupakan hasil kerja sama dengan seseorang.

“Sekarang aku sudah kaya raya, aku sudah punya showroom mobil. Mobilnya harga Rp 4 miliar, Rp 7 miliar (ada), itu juga dari pisang goreng,” kata Pinkan Mambo.

Rumah Mewah Kerja keras Pinkan Mambo itu juga membuahkan hasil karena dia bisa memiliki rumah mewah. "Aku punya rumah baru, nanti aku undang ya ke rumah aku buat lihat rumahnya pisang goreng sekarang kayak gimana," kata Pinkan Mambo, Rabu (27/1/2021). "Yang tadinya rumah tiga kamar sekarang udah ada tujuh kamar, bisa main sepeda di dalam rumah," ujarnya lagi.

Kini, Pinkan Mambo berjuang untuk memenuhi kebutuhan lima anaknya dan juga dirinya sendiri. Pinkan pun aktif menjajakan bisnisnya lewat media sosial. Seperti jualan pakaian dan sebagainya.

Pinkan Mambo dan Keluarga
Pinkan Mambo dan Keluarga (Kolase)

Rencana Gugat Cerai Suami

Memasuk September 2022, Pinkan Mambo mengabarkan bakal bercerai dengan suaminya, Steve Wantania. Kabar perceraian tersebut disampaikan sendiri Pinkan Mambo kepada awak media.

Pinkan Mambo mengakui jika pernikahan dengan Steve Wantania sudah bermasalah sejak awal menikah. Kendati demikian, Pinkan Mambo meminta doa agar persoalan rumah tangganya bersama Steve Wantania mendapat jalan terbaik. "Aku lagi mungkin sedang siap-siap, aku belum tahu juga," kata Pinkan melansir dari Tribunnews.comm Jumat (23/9/2022).

"Siap-siap untuk ngurus perceraian aku, doain aja yang terbaik," sambungnya.

Pinkan Mambo mengakui masalah ini sudah muncul dari awal pernikahannya dengan Steve. Namun, ia mengatakan bahwa masalah rumah tangga terberat yang ia jalani bersama Steve Wantania terjadi dua tahun lalu. "Masalah terberatnya dua tahun lalu, tapi kalau masalahnya dari kita pertama nikah udah masalah," ujar Pinkan Mambo.

Pinkan Mambo pun mengatakan bahwa memang dirinya dengan Steve Wantania tidak memiliki visi yang sama. "Dia pikir dia baik, tapi kita pikir dia kurang baik," ucap Pinkan.

"Bilang ajalah beda visi dia manusia berambut lurus aku manusia berambut kriting," tambahnya.

Pinkan Mambo juga mengakui sudah 1,5 tahun tidak tinggal serumah dengan Steve. Pinkan juga menjadi tulang punggung keluarga lantaran Steve sedang tidak memiliki pekerjaan. "Kata siapa (jadi tulang punggung keluarga)? Kalau memang itu kebenaran," ungkap Pinkan, dikutip dari YouTube TRANS TV Official, Senin (19/9/2022). "Ya sebenarnya ada suaminya. Suaminya ada. Masih ada," sambungnya.

Bahkan, Pinkan Mambo mengakui penghasilannya memang lebih besar ketimbang suaminya. "Udah pastilah aku (penghasilan lebih besar). (Suami) Bantu doa," kata mantan rekan duet Maia Estianty ini.

"(Suami) Lagi nggak ada penghasilan, lagi cari kerja mungkin. Kemarin kena PHK aku nggak ngerti sih tekniknya gimana," tambahnya.

Sementara itu, Pinkan mengatakan belum berkomunikasi lagi dengan Steve. Ia hanya bisa berdoa agar mendapat petunjuk untuk kelanjutan pernikahannya. "Kayaknya lagi belum terlalu ngomong. Ini lagi berdoa, kasih masukan aku mau gitu (cerai) apa nggak," ujar Pinkan Mambo.

"Pokoknya doain aja yang terbaik. Sudah 1,5 tahun (tidak tinggal bersama)," pungkasnya.

Artis dan Penyanyi Pinkan Mambo.
Artis dan Penyanyi Pinkan Mambo. (Instagram/@pinkan_mambo)

Profil dan Biodata Pinkan Mambo:

Nama asli: Pinkan Ratnasari Mambo.

Kelahiran Jakarta, 11 November 1980 (kini umur 41 tahun).

Almamater: Universitas Trisakti

Pekerjaan: Penyanyi

Suami: Mayzal Reza Tobroni (m. 2004; c. 2004)​, Sandy Sanjaya (m. 2005; c. 2009), dan  Steve Wantania (m. 2013 - hingga sekarang diambang perceraian)​

Anak: Pernikahan dengan Sandy Sanjaya: Alfa Rezel, Michelle Ashley Rezya. Pernikahan dengan Steve Wantania: Queen Chara Wantania, King Luke Wantania, Queen Abby Wantania.

Orangtua: Yoke F. Mambo, Deetje Syarif (ibu).

Album:

- Bersama (2003) - album Ratu pertama
- Best Female Idol (2004) - album kompilasi
- Cintaku Takkan Usai (2005)
- Aku Tahu Rasanya (2006)
- Wanita Terindah (2008)
- The Masterpiece of Rinto Harahap (2010) - album kompilasi
- Tentang Cinta (2012)
- Menyerah Dalam Kehendak-Mu (2018) - album religi

Lagu:

- Cinta Takkan Usai (2004)
- Dirimu Dirinya (2006)
- Kasmaran (2007)
- Kekasih Yang Tak Dianggap (2008)
- Merindunya (2008)
- Bila Masih Ada Kesempatan (2009)
- Jangan Pergi (2011)
- Tentang Cinta (2012)
- Simpananmu (2013)
- Coming Back (2016)
- Kekuatan Cinta (2020)

(*/tribun-medan.com/kompas.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved