Breaking News:

Berita Sumut

BESOK, Ganjar Pranowo dan Edy Rahmayadi Akan Lepas Peserta Friendship Run Borobudur Marathon 2022

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi akan melepas 800 peserta Friendship Run Borobudur Marathon 2022.

Tribun Medan/Rechtin Hani Ritonga
Suasana pengambilan race pack (paket lomba) Bank Jateng Friendship run 2022 di Hotel Santika Medan, Sabtu (24/9/2022). Sebanyak 800 peserta akan meramaikan event Bank Jateng Friendship Run 2022 yang akan dimulai dari Istana Maimun, Jalan Brigjend Katamso Medan, Minggu (25/9/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi akan melepas 800 peserta Friendship Run Borobudur Marathon 2022.

Friendship Run Borobudur Marathon 2022 akan dimulai di depan Istana Maimun Medan, Jalan Brigjend Katamso, Minggu (25/9/2022).

Keduanya dijadwalkan akan memberikan pidato pembuka (welcoming speech) sebelum melepas pelari Friendship Run Borobudur Marathon 2022 untuk mengitari rute Jalan Brigjen Katamso - Jalan Ahmad Yani - Jalan Imam Bonjol serta Jalan Ir Juanda.

Baca juga: Ganjar Prioritaskan Rancangan Perubahan APBD Tahun 2022 untuk Bantuan Sosial

Nantinya acara ini akan diramaikan dengan stan-stan kriya serta kuliner khas Jawa Tengah yang berada di sekitar Istana Maimun.

Kuliner tersebut berasal dari berbagai daerah yang ada di Jawa Tengah khususnya pedagang di sekitar Candi Borobudur.

Pelari dengan kostum terbaik juga akan diberikan hadiah menarik dengan total hadiah Rp 10 juta.

Vice General Manager Event Harian Kompas, Budhi Sarwiadi mengatakan, Kota Medan menjadi satu dari empat kota dilaksanakannya Friendship Run karena beberapa hal, termasuk antusiasme warga Medan untuk mengikuti Borobudur Marathon setiap tahunnya.

"Kenapa memilih Medan yang pertama adalah Medan menjadi sasaran di sini adalah budayanya. Di mana Borobudur marathon itu memang sport tapi sebenarnya lebih ke culture dan tourism," ujar Budhi.

Ia menuturkan, akulturasi atau percampuran budaya antara Kota Medan dengan Magelang menjadi salah satu tujuan Friendship Run di Medan.

Baca juga: Edy Rahmayadi Serahkan Tuntutan Masyarakat ke Pemerintah Pusat, Soal Kenaikan BBM, BLT Bukan Solusi

"Di samping itu sebenarnya memang medan menjadi market besar kita di Borobudur Marathon. Sehingga memang harapan kita bahwa marketnya Borobudur Marathon yang dari Medan itu yang memang tidak bisa ke Magelang untuk tahun ini bisa kita sambangi, bisa kita jemput di sini," tuturnya.

Menurut Budhi, terdapat 5 hingga 10 persen warga Medan dan Sumut setiap tahunnya yang mengikuti Borobudur Marathon dan menjadi pengisi podium masing-masing kategori.

"Medan menjadi salah satu kota yang memang menjadi penyumbang atau market besar di Borobudur Marathon, mungkin antara 5 – 10 persen dari Medan dan antusiasme itu. Di sisi lain Medan ataupun Sumatera Utara itu memang sering mendapatkan podium di sini, termasuk kemarin yang terakhir Bank Jateng Tilik Candi itu pemenagnya adalah Candra Dewi itu dari Pematang Siantar," pungkasnya.

(cr14/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved