Breaking News:

Berita Kota Medan

PENGUNGSI Somalia Kembali Berunjuk Rasa, Sebut Banyak yang Depresi dan Stres

Puluhan pengungsi asing yang berasal dari Negara Somalia berunjuk rasa di samping gedung UNHCR di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut

Editor: Risky Cahyadi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Puluhan pengungsi asing yang berasal dari Negara Somalia berunjuk rasa di samping gedung UNHCR di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Jalan Putri Hijau, Kota Medan, Rabu (20/9/2022).

Dalam aksinya, puluhan Warga Negara Somalia itu menuntut keadilan kepada pemerintah Indonesia serta, UNHCR segera memberangkatkan mereka ke negara ketiga.

Menurut salah seorang pengungsi, Hamida mengungkapkan, bahwa para pengungsi ini telah berada di Indonesia selama bertahun-tahun.

"Saya berada di sini dari bulan Mei tahun 2014. Saya tinggal di Medan sudah sembilan tahun, jadi waktu masuk ke sini saya muda sekarang sudah tua," kata Hamida kepada Tribun-medan, Senin (8/8/2022).

Ia mengatakan, selama berada di Indonesia mereka sudah kehilangan masa depan, seperti tidak mendapatkan pendidikan dan juga kebebasan beraktivitas seperti manusia normal pada umumnya.

"Anak-anak tidak ada masa depan, nggak ada edukasi atau pelajaran, nggak ada kehidupan sehari-hari, pemerintah Indonesia melarang untuk beraktivitas sama orang lokal. Tidak boleh belajar atau sekolah, tidak boleh bawa kendaraan," sebutnya.

Hamida menjelaskan, akibat dibatasinya ruang aktivitas hidup mereka, banyak pengungsi yang mengalami depresi.

Bahkan ada beberapa dari mereka yang mengkonsumsi obat stres untuk menenangkan diri.

(*/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved