Breaking News:

News Video

Wagub Ijeck Peringkat Tiga Overall SS4 Setelah Sean Galael dan Rifat Sungkar

Hari pertama gelaran Asia Pasific Rally Championship Danau Toba Seri IV, Wagub Sumut Musa Rajekshah menempati urutan ketiga

Penulis: Muhammad Ardiyansyah | Editor: Fariz

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Hari pertama gelaran Asia Pasific Rally Championship (APRC) Danau Toba Seri IV, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menempati urutan ketiga secara overall hingga Special Stage (SS) 4 setelah Sean Galael dan Rifat Sungkar.

Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah bersama navigatornya Hervian Soejono menunjukkan prestasi terbaik selama melintasi Hutan Tanaman Industri Sektor Nauli, Parapat, Simalungun, Sabtu (24/9/2022).

Babak awal perlombaan SS1 Negeri Dolok dengan panjang lintasan 8,19 Km, Pereli berjuluk Sang Flamboyan ini berada di peringkat keempat dengan waktu 8 menit 12,4 detik. Pada sesi ini Sean Galael meraih puncak di 7 menit 0,5 detik disusul Rifat Sungkar di 7 menit 14,9 detik dan Ryan Nirwan 17 menit.

Ijeck terus memacu Skoda Fabia sampai melesat menjadi tercepat kedua di SS4 Gorbus dengan lintasan sepanjang 20,20 Km, sementara itu, Sean Galael bertahan di puncak pertama. Pada sesi ini, Pereli asal Kalimantan Timur Ryan Nirwan gagal maksimal karena mobilnya mengalami masalah.

“Alhamdulilah 4SS di leg 1, overall mobil gak ada trouble dan saya mulai menguasai kendaraan meski tadi di SS1 kami mengalami kendala keluar jalur, SS2 juga ada sikit, tapi di SS3 dan SS4 sudah lebih menguasai,” ujar Ijeck usai menyelesaikan SS4 kepada wartawan.

Ia mengaku seluruh rivalnya cukup kuat, tapi dia tetap optimis bisa lebih baik di putaran selanjutnya.

“Mudah-mudahan SS selanjutnya bisa lebih menguasai lagi,” ujarnya.

Sementara itu, pereli nasional, Rifat Sungkar secara overall Spesial Stage (SS) 4, hari pertama, Sabtu (24/9/2022 menduduki peringkat kedua di Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2022 Danau Toba.

Sedangkan Gelael bersama navigatornya, Hugo Magalhaes menduduki peringkat pertama dengan catatan waktu tercepat, 38.42.8. Posisi kedua, Rifat Sungkar bersama navigatornya, Benjamin Searcy dengan menorehkan waktu 39.44.0

"Di leg 1 ini, inilah reli yang tidak pendek, relinya panjang. Kita baru section 1 di leg 1, hasilnya alhamdulillah sesuai dengan ekspektasi, saat ini kita berada di posisi 2," kata Rifat Sungkar kepada wartawan.

Meski berada posisi kedua, Rifat Sungkar optimis mampu menyusul dan menyalip  Sean Gelael di puncak klasemen catatan waktu tercepat di APRC kali ini.

"Saya berada kedua, masih ada 8 SS lagi. Section dua dan tiga, itu juga kesempatan bagi kita (untuk juara)," kata pereli asal Mitsubishi X-Pander Rally Team itu.

Pada 4SS ini, mengakui mendapatkan kendala seperti ban sobek hingga pecak. Namun, hal itu tidak menjadi masalah bagi dirinya untuk terus menorehkan waktu tercepat.

Rifat mengungkapkan dirinya harus bersaing ketat dengan tim tuan rumah, Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah atau yang akrab disapa dengan Ijeck. Karena, sang pereli dari Blablabla Motor Sport menggunakan mobil baru, Skoda Fabia.

"Kita lihat maping juga dari Sumatera Utara, bang Ijeck permainannya baik. Saya senang lihat. Artinya, reli pasti akan ada terus. Positifnya, kalau kompetisi saat ini, nanti kita bisa mendapatkan kualitas dari kompetisi yang sangat baik,” kata Rifat.

Pebalap nasional ini, mengakui trek rally di Danau Toba sangat menantang. Sehingga trek pada Kejurnas Rally 2022 Danau Toba series pertama berbeda dengan APRC saat ini.

“Intinya, zero car atau swepper, harus bekerja untuk menyingkirkan batu, karena batu-batunya sangat besar. Intinya, trek lebih baik dibandingkan sebelumnya,” ucap Rifat.

(cr12/www.tribun-medan.com).

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved