Viral Medsos

[ HOAX ] Kartu ATM Akan Ditarik karena Bank Akan Mengalihkan Transaksi ke Digital

Menurut pengunggah, penarikan kartu ATM ini akan dilakukan karena bank akan mengurangi transaksi tunai, dan menggantikannya dengan digital.

Editor: Abdi Tumanggor
Shutterstock
Mesin ATM 

TRIBUN-MEDAN.COM -  Belakangan ini ramai dibagikan di medi sosial Tiktok video seseorang yang memberikan informasi bahwa bank akan menarik seluruh kartu ATM.

Menurut pengunggah, penarikan kartu ATM ini akan dilakukan karena bank akan mengurangi transaksi tunai, dan menggantikannya dengan digital.

Bahkan pengunggah menyebut jumlah keberadaan ATM Tunai nantinya akan dikurangi.

Unggahan tersebut sebagaimana diposting oleh akun berikut akun berikut.

Adapun narasi selengkapnya sebagai berikut:

“Hai, siap-siap nanti kartu ATM akan ditarik oleh bank, karena perbankan akan mengurangi transaksi tunai dan semua transaksi akan dialihkan mobile banking atau pembayaran menggunakan QR. Sehingga dompet kita makin tipis ATM sudah nggak ada kartunya. Kemudian mesin atm sebentar lagi akan dikurangi karena pembayaran sudah digital. Orang bisa transfer mbanking dan QRIS sampai ke hal kecil. Sekarang orang sudah males menggunakan uang tunai. Nggak mau ada kembalian receh, nggak mau lagi kembalian permen. Jadi kalau mbangking, pakai qr, gopay, shopeepay, linkaja mereka tinggal scan selesai. Nggak ada uang yang keluar dan nggak ada receh yang masuk kantong kita. Siap-siap, setuju komen nggak setuju komen,” ujar akun tersebut.

Pada video tersebut, pengunggah juga menambahkan tulisan yakni:

"Kartu ATM akan ditarik? setuju?" dan caption: "Kartu ATM akan ditarik Bank, semua beralih ke transaksi digital,".

Unggahan video tersebut telah dilihat lebih dari 891,6 ribu kali, disukai lebih dari 22,3 ribu pengguna dan mendapat lebih dari 11,4 ribu komentar. Postingan ini juga telah dibagikan lebih dari 8.520 kali.

pengunggah video yang menyebut kartu ATM akan ditarik
Tangkapan layar pengunggah video yang menyebut kartu ATM akan ditarik dari bank. (TikTok)

Lantas benarkah kartu ATM akan ditarik karena transaksi tunai akan dihilangkan?

Penjelasan Bank Indonesia (BI)

Saat dikonfirmasi terkait kebenaran unggahan video itu, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar (hoax).

Menurutnya, sejauh ini tidak ada informasi dari Bank Indonesia (BI) terkait adanya penarikan seluruh kartu ATM oleh perbankan. Pasalnya transaksi dengan uang cash masih diperlukan. Ia justru mempertanyakan sumber dari beredarnya informasi di atas.

“Emang yang bilang siapa? Dari pihak bank? Digitalisasi dalam jangka panjang akan mengurangi kebutuhan uang kertas seperti sudah terjadi di banyak tempat, tetapi kebutuhan uang kertas akan tetap ada,” tegas Erwin yang dikutip dari Kompas.com, Minggu (25/9/2022).

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved