Rumor Xi Jinping Dikudeta

Tiga Penyebab Rumor Xi Jinping Dikudeta Jenderal Angkatan Darat, Salah Satunya Wacana 3 Periode

Kabar Presiden China, Xijinping dikudeta menyebar di media sosial. Bahkan, ada kabar bahwa Xi Jinping menjalani masa tahanan rumah. 

kontan
Presiden China Xi Jinping saat ultah Partai Komunis China ke-70, 1 Oktober 2019 

TRIBUN-MEDAN.com - Kabar Presiden China, Xijinping dikudeta menyebar di media sosial. Bahkan, ada kabar bahwa Xi Jinping menjalani masa tahanan rumah. 

Berita ini muncul ke permukaan setelah aktivis hak asasi manusia China Jennifer Zeng membagikan video di Twitter.

Dalam video tersebut terlihat beberapa kendaraan militer berjalan di jalan raya. Zeng mengatakan konvoi itu panjangnya mencapai 80 kilometer, dan desas-desusnya adalah Xi Jinping telah menjadi tahanan rumah.

Namun, kalangan pakar sendiri ragu akan kebenaran rumor kudeta Xi Jinping.

Drew Thompson, mantan pejabat Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) untuk China, Taiwan, dan Mongolia menyebut rumor kudeta Xi Jinping “benar-benar kebohongan.”

Sementara itu, Aadil Brar, kolumnis media India, The Print untuk isu hubungan internasional dan China, menyebut kabar dari China sejauh ini tidak menunjukkan situasi kudeta.

Sementara di media sosial beredar kabar bahwa Jenderal Angkatan Darat China Li Qiaoming telah mengambil alih jabatan sebagai presiden baru.

Presiden China Xi Jinping, yang juga sekretaris jenderal Komite Sentral Partai Komunis China dan ketua Komisi Militer Pusat (CMC) dan panglima pusat komando pertempuran gabungan CMC, berbicara selama tur inspeksinya ke pusat komando. Xi Jinping pada hari Jumat menginstruksikan angkatan bersenjata untuk meningkatkan kemampuan tempur dan kesiapan perang mereka. (Xinhua/Li Gang)
Presiden China Xi Jinping, yang juga sekretaris jenderal Komite Sentral Partai Komunis China dan ketua Komisi Militer Pusat (CMC) dan panglima pusat komando pertempuran gabungan CMC, berbicara selama tur inspeksinya ke pusat komando. Xi Jinping pada hari Jumat menginstruksikan angkatan bersenjata untuk meningkatkan kemampuan tempur dan kesiapan perang mereka. (Xinhua/Li Gang) (Xinhua/Li Gang)

Rumor Penyebab Xi Jinping Dikudeta

Xi Jinping isunya dikudeta dan ditahan oleh Tentara Pembabasan Rakyat China (PLA) bahkan jadi trending topik.

Dia belum pernah menampakkan diri ke depan publik sejak 16 September 2022 usai menghadiri KTT di Uzbekistan.

Akan tetapi hingga berita ini diturunkan belum ada pernyataan resmi dari Beijing mengenai rumor tersebut.

Baca juga: Hadiri Panggilan Bareskrim Polri, Vera Simanjuntak dan Ibu Brigadir Yosua Tetap Kompak dan Gandengan

Baca juga: Momen Vera Simanjuntak Berziarah ke Makam Brigadir J, Mengaku Kerap Memimpikan Sang Kekasih

Tiga Penyebab Munculnya Rumor Kudeta:

1. Isu 3 Periode

Dikutip dari Indiatimes.com, desas-desus tentang kudeta dan tahanan rumah Xi Jinping muncul menjelang Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis China pada 16 Oktober mendatang.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved