Pemkab Sergai

Bupati Serdangbedagai Darma Wijaya Kukuhkan Pekan Dolok Masihul Jadi Kelurahan Bersinar

Dibutuhkan penanganan serius agar permasalahan narkoba bisa menurun bahkan tuntas di Kabupaten Serdang Bedagai.Penanganan bukan mencakup pemakai saja.

Editor: Satia
Dok. Pemkab Sergai
Bupati Sergai Darma Wijaya saat mengukuhkan Kelurahan Pekan Dolok Masihul sebagai kelurahan bersih dari narkoba (Bersinar) di lapangan Sekolah SMA Sebelas Maret, Senin (26/9/2022). 

TRIBUN-MEDAN.COM, SERGAI -Dibutuhkan penanganan serius agar permasalahan narkoba bisa menurun bahkan tuntas di Kabupaten Serdang Bedagai.

Penanganan bukan mencakup pemakai, namun juga pengedar hingga bandar narkoba.

Hal ini dikatakan Bupati Sergai Darma Wijaya saat mengukuhkan Kelurahan Pekan Dolok Masihul sebagai kelurahan bersih dari narkoba (Bersinar), di lapangan Sekolah SMA Sebelas Maret, Senin (26/9/2022).

"Gak bisa mengandalkan BNN atau polisi dalam mencegah peredaran narkoba. Peran serta masyarakat wajib jika ingin benar-benar tuntas," katanya.

Tak bosan, ia mengajak masyarakat untuk melaporkan setiap melihat tindakan penyalahgunaan narkoba.

Bukan hanya kepada aparat berwajib, ia juga berkenan menerima laporan warga tersebut.

"Kalau gak berani lapor polisi, lapor sama saya. Biar saya teruskan kepada Pak Kapolsek dan Kapolres. Jangan takut dibilang tukang kibus kalau untuk kebaikan," ucapnya sembari menekankan pentingnya peran serta keluarga.

"Gak usah ambil contoh orang lain, keponakan saya saja kirim ke panti rehab saat dites positif menggunakan narkoba. Itu semuanya demi kebaikan. Karena sayangnya saya dengan dia dan belum terlalu jauh kena," ungkapnya.

Sebelumnya Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Serdang Bedagai Pinondang Poltak mengatakan bahwa selain Pekan Dolok Masihul, Desa Sei Bamban dan Sei Rampah juga didapuk sebagai Desa Bersinar yang tercantum dalam Keputusan Bupati No 403/18.36 tentang Pembentukan Desa/Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar).

"Kami harap Desa/kelurahan Bersinar ini bisa menjadi contoh dalam penanganan narkoba. Karena di desa ini kami akan membentuk relawan anti narkoba melakukan edukasi terkait pwnyalahgunaan narkoba," katanya.

Ia juga mengungkapkan saat ini Sumut menjadi provinsi teratas dalam penyalahgunaan narkoba di Indonesia dimana Sergai berada di urutan kelima se-Sumut.

Dengan adanya kelurahan/desa bersinar ini bisa membantu menekan angka penyalahgunaan barang haram tersebut. 

"Kami yakin, kalau kita bisa bekerjasama, narkoba bisa diatasi," sambungnya. 

Pengukuhan ditandai dwngan pemukulan gong oleh Bupati Sergai dan dirangkai dengam pengukuhan 50 orang relawan anti narkoba yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat khusus untuk Kelurahan Pekan Dolok Masihul.

 

*

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved