Temu Ilmiah Nasional

HIMPSI Akan Gelar Temu Ilmiah Nasional Kongres Ke XIV di Sumatera Utara

Dalam kegiatan ini diisi dua kegiatan utama yakni pertama adalah sidang organisasi, yang kedua adalah temu ilmiah nasional. 

Penulis: Husna Fadilla Tarigan | Editor: Ayu Prasandi
HO
Press Conference Temu Ilmiah Nasional Kongres XIV HIMPSI 2022, di Auditorium Universitas HKBP Nomensen, Selasa (27/9/2022).  

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) akan menyelenggarakan Temu Ilmiah Nasional Kongres ke XIV HIMPSI 2022 yang berlangsung di Hotel Niagara Parapat. 

Kongres ke XIV ini akan terselenggara mulai 29 September hingga 2 Oktober 2022 yang  dihadiri oleh perwakilan HIMPSI dari 34 provinsi di Indonesia, dengan peserta total berjumlah lebih dari 430 orang. 

Dalam kegiatan ini diisi dua kegiatan utama yakni pertama adalah sidang organisasi, yang kedua adalah temu ilmiah nasional. 

Pemilihan ketua umum dan juga pembahasan isu-isu strategis, baik itu isu organisasi dan isu nasional. 

Baca juga: Kongres HIMPSI Bahas UU Pendidikan dan Layanan Psikologi, Digelar di Parapat

Direncanakan akan dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, setelahnya akan dihadiri oleh beberapa narasumber yakni Nadiem Anwar Makarim Mentri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI serta Hetifah Syaifudian Ketua Panja RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi DPR RI. 

Ketua Umum HIMPSI Pusat Prof. Dr. Seger Handoyo, Psikolog menyampaikan dalam kongres kali ini akan fokus membahas terkait Undang-undang Pendidikan dan layanan psikologi yang sudah disahkan pada 7 Juli 2022 lalu. 

"Undang-undang ini sudah disahkan pada 7 Juli 2022, dimana pendidikan dan layanan psikologi menjadi satu bagian, hal ini yang nantinya akan kita bahas di kongres, yakni pendalaman apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Kita akan membahas turunannya, dan juga anggaran dasar dan anggaran rumah tangga HIMPSI sebagai Induk organisasi Profesi Psikologi di Indonesia," ujar Seger Handoyo kepada wartawan, dalam Press Conference di Auditorium Universitas HKBP Nomensen, Selasa (27/9/2022). 

Penyelenggara kongres kali ini adalah HIMPSI Sumatera Utara yang diketuai oleh Ilmiah, M.Si., Psikolog. (Ketua HIMPSI Sumut dan Ketua Panitia Pelaksana Kongres & Temu Ilmiah Nasional XIV HIMPSI) berlangsung di daerah wisata yakni parapat dengan tujuan membantu dan membangkitkan daerah wisata salah satunya Danau Toba. 

"Kenapa kita pilih di Parapat, padahal kalau dikota Medan panitia pasti akan jauh lebih mudah dalam berkoordinasi dan menyiapkan berbagai hal. Namun, hal ini karena kita ingin mengembangkan daerah wisata, jadi tidak hanya kongres biasa. Seperti yang kita tahu 2 tahun pandemi kondisi parawisata tentu mendapat penurunan pengunjung, semoga hal ini dapat membantu perkembangannya kembali," jelasnya. 

Baca juga: HIMPSI Ungkap Ada 110 Bakal Calon dari 19 Kabupaten/Kota Tes Psikologi, Lihat Siapa yang Bakal Lolos

Pada pertemuan ini juga menggandeng Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) yang nantinya dalam acara juga akan ada pengabdian kepada masyarakat mengenai bagaimana mengembangkan Danau Toba dan membahas permasalahan apa yang ada saat ini. 

"Kita juga mengundang BPODT membahas apa permasalahan yang ada di Danau toba dengan adanya para perwakilan daerah tentu hal ini akan menjadi wadah sharing yang baik untuk perkembangan daerah wisata," tutupnya.

(cr26/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved