Breaking News:

Berita Medan

Subsidi Ongkos Angkot Berlaku Oktober, Penumpang Diminta Download Aplikasi Sibonas, Begini Caranya

Subsidi ongkos angkutan kota atau angkot di Kota Medan sebesar Rp 1.500 per penumpang akan mulai berlaku pada tanggal 1 Oktober 2022.

TRIBUN MEDAN/ANISA RAHMADANI
Beberapa angkutan kota yang melintas di Jalan Gatot Subroto siang ini. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -  Subsidi ongkos angkot di Kota Medan sebesar Rp 1.500 per penumpang akan mulai berlaku pada tanggal 1 Oktober 2022 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Medan, Iswar Lubis mengatakan para penumpang nantinya bisa membayar ongkos angkot sebesar Rp 5 ribu, apabila mendownload aplikasi Sibonas (subsidi betor, ojol dan angkot) di AppStore pada android masing-masing.

Dijelaskan Iswar bahwa aplikasi Sibonas telah dirancang semaksimal mungkin untuk meminimalisir kecurangan dalam program subsidi ongkos angkot.

Baca juga: TARIF Angkot di Medan Tetap Rp 5000, Penumpang Wajib Scan Barcode yang Ada di Mobil

“Cukup simpel caranya, masyarakat dapat mendownload aplikasi Sibonas melalui android, kemudian mendaftar," ujar Iswar, Selasa (27/9/2022). 

Setelah mendaftar, kata Iswar, penumpang yang sudah mendownload aplikasi Sibonas di android miliknya, ketika naik angkot bisa menscan barcode yang ada di angkot agar hanya dikenakan tarif ongkos Rp 5 ribu.

"Dengan begitu masyarakat cukup membayar dengan tarif lama sebesar Rp5.000 per estafetnya,” kata Iswar.

Iswan menyatakan, penempelan barcode di setiap armada angkot rencananya akan dilakukan secara simbolis Wali Kota Medan Bobby Nasution pada 30 September 2022 di kawasan Lapangan Merdeka Medan.

“Nantinya masyarakat dapat melihat, jika angkotnya sudah ditempel barcode, tandanya angkot tersebut sudah mendapat subsidi dari Pemko Medan sebesar Rp1.500," jelasnya. 

Baca juga: Pemko Medan Subsidi Ongkos Angkot, Penumpang Wajib Scan Barcode, Berlaku Bagi 1.100 Unit Angkot

Sementara untuk penyaluran subsidi angkotan kota sebesar Rp 1.500 itu akan dibayar langsung oleh Pemko Medan selama sebulan sekali  kepada perusahaan angkot masing-masing.

"Seperti yang dikatakan pak wali kota subsidi ongkos penumpang akan dibayarkan setiap bulannya," tukasnya.

(cr5/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved