Breaking News:

Brigadir J Tewas Ditembak

Berkas Perkara Ferdy Sambo Cs Dinyatakan Lengkap akan Diserahkan ke Pengadilan Pekan Depan

Diberitakan sebelumnya, Kejagung RI menyatakan berkas perkara tersangka kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J telah

Editor: heryanto
Tribun Medan
Konferensi pers Kejagung tekait perkembangan penanganan berkas perkara Ferdy Sambo Cs 

Berkas Perkara Ferdy Sambo Cs Dinyatakan Lengkap akan Diserahkan ke Pengadilan Pekan Depan

TRIBUN-MEDAN.COM, KEBAYORAN BARU - Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menyatakan berkas perkara para tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J telah masuk tahap P21 atau dinyatakan lengkap.

Berkas akan segera dilimpahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) ke pengadilan pada pekan depan.

"Hari ini sampai hari Jumat kami mengebut dan bisa saja satu minggu setelah ini kami limpahkan ke pengadilan," ujar Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejagung, Fadil Zumhana, kepada wartawan di Kejagung RI, Jakarta Selatan pada Rabu (28/9/2022).

Ia mengatakan, pihaknya akan mempercepat penyusunan surat dakwaan terhadap para tersangka kasus tersebut usai JPU menyatakan berkas perkara telah dinyatakan lengkap.

"Bahwa dakwaan itu untuk dapat dinyatakan lengkap memang sudah ada namanya rencana dakwaan. Rencana dakwaan itu telah jadi dan kami menyempurnakan surat dakwaan itu dari segi tata bahasa maupun kelengkapan unsur dan kronologis kejadian tindak pidana," kata Fadil.

Baca juga: Kamaruddin Tanggapi Dua Eks Pegawai KPK Jadi Pengacara Ferdy Sambo: Semoga Dibimbing ke Jalan Benar

"Sehingga kami memerlukan waktu menyusun surat dakwaan yang lebih cermat jelas dan lengkap sebagaimana dimaksud 143 KUHAP. Sehingga diperlukan waktu untuk menyusun itu. Biasanya karena rencana surat dakwaan sudah ada, kami tidak perlu waktu yang lama, karena Kejaksaan Agung saat ini bekerja cepat, jadi kami tidak membuang waktu," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Kejagung RI menyatakan berkas perkara tersangka kasus pembunuhan Brigadir J telah masuk tahap P21 atau dinyatakan lengkap.

"Perkara ini kami nyatakan lengkap untuk kasus pembunuhan berencana," ujar Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejagung Fadil Zumhana, pada Rabu (28/9/2022).

Ia menuturkan, berkas perkara milik Ferdy Sambo cs beserta Putri Candrawathi telah dinyatakan lengkap seluruhnya usai melewati satu kali pengembalian.

Adapun berkas perkara telah dinyatakan lengkap setelah Polri memenuhi persyaratan dari Jaksa Peneliti.

Baca juga: Terkait Kasus Brigadir J, Akhirnya Kejaksaan Agung Bakal Umumkan Perkembangan Berkas Ferdy Sambo

"Kemudian balik lagi ke kami, jaksa meneliti kelengkapan formil dan materil berkas perkara," tuturnya dikutip Tribunnews.com: Dinyatakan Lengkap, Berkas Perkara Ferdy Sambo Cs akan Diserahkan ke Pengadilan Pekan Depan

Atas hal tersebut, kasus itu akan segera melaju ke tahap persidangan. Kejagung RI hanya tinggal menunggu penyerahan tersangka dan barang bukti terkait kasus tewasnya Brigadir J.

"Penyidik menyerahkan tanggung jawab barang bukti dan tersangka untuk segera dipersidangkan," kata dia.

Dalam kasus pembunuhan berencana itu, ada lima tersangka antara lain mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Lalu, ada Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dan Bripka Ricky Rizal atau Bripka RR sebagai dua ajudan Ferdy Sambo. Selain itu, asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo Kuat Ma'ruf dan istri Ferdy Sambo Putri Candrawathi.

Untuk kasus obstruction of justice, ada tujuh tersangka. Mereka antara lain Ferdy Sambo, Baiquni Wibowo, Chuck Putranto, Arif Rahman Arifin. Kemudian Hendra Kurniawan, Agus Nurpatria, dan Irfan Widyanto. (*)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved