Breaking News:

SUMUT

Pengembangan Jalan Tol di Sumut Dinilai Beri Dampak Positif bagi Kesejahteraan Perekonomian

Pengembangan Jalan Tol di Provinsi Sumatera Utara saat ini memberikan dampak positif, bagi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. 

Editor: Satia
HO/Tribun Medan
Suasana jalan tol dan gerbang Tol Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Senin (19/9/2022). 

TRIBUN -MEDAN.COM, MEDAN - Pengembangan Jalan Tol di Provinsi Sumatera Utara saat ini memberikan dampak positif, bagi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. 

Peningkatan dapat dirasakan bagi para pelaku industri, pekerja dan pengelola pariwisata. 

Di mana, dengan adanya jalan Tol ini, dapat memberikan jarak tempuh yang lebih efesien bagi para pengendara. 

Dosen Ilmu Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara Ridwan Anas memberi contoh, seperti jarak tempuh antara Medan - Binjai. 

Kata dia, saat ini, pengendara akan memliki waktu yang lebih cepat untuk menghindari kemacetan yang terjadi di Kota Medan. 

"Sebagai pengguna langsung jalan tol, waktu tempuh yang terjaga adanya kepastian kita berkendara dari Medan ke Binjai. Sebelum adanya jalan Tol ini, jam puncak yang tadinya normalnya bisa sampai dua jam, dapat terpangkas dengan jalan ini," kata dia. 

Dengan jalan ini, waktu untuk pengantaran barang dapat lebih cepat untuk sampai tujuan. Kemudian, bagi para pekerja dan mahasiswa juga dapat menghemat waktu dan tidak lagi harus mengeluarkan uang lebih untuk menyewa rumah di Kota Medan. 

"Bagi mahasiswa sekarang juga sudah lebih baik ya, dengan adanya jalan tol ini. Karena mereka dapat menggunakan jalan tersebut untuk berangkat kuliah, tanpah harus menyewa rumah atau kos lagi di Medan. Sebaliknya juga bagi para pekerja dan yang mengantarkan barang," ungkap. 

Ridwan mengatakan, apalagi jalan ini nantinya akan menghubungkan antara Sumut-Aceh- Riau, pastinya dapat memberikan dampak positif. 

Pastinya, dengan terbangunnya jalan Tol ini menghubungkan antara beberapa provinsi, dapat mendatangkan investor di Sumut. 

"Banyak dampal tidak langsung wilayah ekonomi, nilai lahan, produksi dan tranportasi barang. Dengan adanya ino dapat mendatangkan investor dan meningkatkan perekonomian," jelasnya. 

Selain itu, dampak lainnya yang dapat dirasakan oleh pengendara, yaitu berkurangnya angka kecelakaan di jalan lintas. 

"Juga kecelakaan juga tidak terelakan kalau di jalur biasa," ucapnya. 

Ditambah lagi, kata dia keramahan dan kesigapan petugas Jalan Tol sudah diakui olehnya. 

"Kesigapan petugas juga diakui, begitu ada kecelakaan petugas langsung datang untuk mengantisipasi adanya dampak akibat kecelakaan," ujarnya. 

Dirinya berharap, kepada Perusahaan Hutama Karya segera menghubungkan lintas Sumut dengan provinsi lainnya. Agar dapat memberikan dampak bagi para pekerja yang ada di Sumut. 

"Segera terkoneksi dengan aceh dan riau jalan tol ini. Harapan terkoneksi dan memberi dampak besar, agar dapat membuka lapangan kerja di Sumut," ungkapnya.

 

*

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved