Siantar Memilih

6 Partai Politik Absen Sosialisasi Persyaratan Perbaikan Dokumen Vermin di KPU Siantar

KPU Siantar menyebut ada 6 partai politik yang absen mengikuti sosialisasi tahapan verifikasi administrasi dokumen perbaikan persyaratan calon parpol

Penulis: Alija Magribi | Editor: Array A Argus
HO/Tribun Medan
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pematangsiantar mengundang masing-masing Liaison Officer (LO) Partai Politik peserta mengikuti sosialisasi tahapan verifikasi administrasi dokumen perbaikan persyaratan calon partai politik peserta pemilu 2024, Jumat (30/9/2022) 

TRIBUN-MEDAN.COM,SIANTAR- KPU Siantar mengundang masing-masing Liaison Officer (LO) partai politik peserta mengikuti sosialisasi tahapan verifikasi administrasi dokumen perbaikan persyaratan calon partai politik peserta pemilu 2024, Jumat (30/9/2022).

Sosialisasi ini merupakan yang perdana dilaksanakan secara tatap muka, setelah sebelumnya berlangsung via daring/online kepada peserta partai politik.

Sayangnya enam partai politik absen yaitu PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Nasional (PKN), Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Republik, dan Perindo.

Plh Ketua KPU Siantar, Gina Ruthfefiliana Ginting menyampaikan, tahapan verifikasi perbaikan di KPU Siantar berlangsung mulai tanggal 1 Oktober 2022 sampai dengan 9 Oktober 2022.

Baca juga: Perekrutan Panitia Ad Hoc Pemilu 2024, KPU Sumut Sebut Dimulai Akhir Oktober Tahun Ini

Dalam tenggang waktu tersebut, juga dibagi beberapa tahapan.

Pada 1 Oktober 2022, KPU kabupaten/kota melakukan verifikasi administrasi perbaikan terhadap dokumen persyaratan keanggotan hasil perbaikan. 

Kemudian tanggal 2-5 Oktober 2022, adalah tindak lanjut hasil verifikasi administrasi oleh parpol terhadap dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan yang berpotensi tidak memenuhi syarat

“Pada tanggal tersebut, KPU kabupaten/kota menerima hasil tindaklanjut hasil verifikasi administrasi oleh parpol terhadap dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan yang berpotensi tidak memenuhi syarat keanggotaan melalui aplikasi Sipol,” kata Gina.

Baca juga: Perekrutan Panitia Pemilu 2024 Dimulai Akhir Oktober Mendatang, Simak Penjelasannya

Selanjutnya, kata Gina, pada 6-9 Oktober 2022, KPU Kabupaten Kota melakukan verifikasi terhadap dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan yang berpotensi tidak memenuhi syarat keanggotaan.

Di sisi lain, KPU melakukan verifikasi klarifikasi secara langsung terhadap dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan yang belum ditentukan statusnya.

“Jadi bagi seseorang yang misalnya terdaftar jadi anggota di Parpol A dan Parpol B, kemudian harus melakukan klarifikasi langsung, maka bisa hadir langsung ke KPU. Atau ketika dia misalnya di luar kota dengan alasan sakit, bisa menunjukkan surat sakitnya dan melakukan video call dengan KPU,” kata Gina.

Gina menyampaikan, petugas verifikasi administrasi KPU Siantar dalam tahapan ini akan melihat kesesuaian keanggotaan partai politik dengan identitas KTP yang bersangkutan. 

Baca juga: Kemungkinan Polemik Pemilu 2024, Ketua Bawaslu Toba Uraikan Hal Ini

Sementara itu, Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Politik dan Partisipasi Masyarakat - Jafar Sidik Saragih menyampaikan pihaknya banyak menemukan KTP Anggota Parpol yang didaftarkan di aplikasi SIPOL bukanlah KTP-Elektronik. 

“Tentunya hal ini akan merugikan partai politik itu sendiri. Sebab syarat keanggotaan atau pemilih partai politik itu minimal telah mengikuti rekam data E-KTP. Semoga ini juga bisa dipahami rekan-rekan pengurus Parpol,” katanya.

Adapun penyampaian hasil verifikasi dokumen persyaratan perbaikan dari KPU Kabupaten/Kota ke KPU Provinsi dilaksanakan pada 10 Oktober 2022, rekapitulasi dokumen dari KPU Kabupaten/Kota ke KPU Provinsi pada 11 Oktober 2022 dan rekapitulasi dokumen hasil perbaikan juga di tanggal yang sama.

KPU Kota Siantar berharap sosialisasi yang disampaikan untuk tahapan perbaikan ini bisa dipahami dengan seksama oleh pengurus Parpol sehingga tidak ada lagi yang keliru atau tidak tahu sampai tahapan verifikasi administrasi berakhir.(alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved