Breaking News:

Brigadir J Ditembak Mati

Akhirnya Kapolri Angkat Bicara Soal Tiga Kapolda yang Dikabarkan Melobi Kamaruddin Kasus Ferdy Sambo

Tiga Kapolda sempat santer terdengar ikut terlibat dalam skenario Ferdy sambo. Tiga Kapolda itu sempat dikabarkan memiliki peran melobi Kamaruddin

Tangkapan Layar KompasTV
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo buka suara soal tantangan dan upaya penyelidikan serta penyidikan Polri kasus pembunuhan berencana Brigadir J dalam Program Satu Meja Kompas TV, Rabu (7/9/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com - Tiga Kapolda sempat santer terdengar ikut terlibat dalam skenario Ferdy sambo. Tiga Kapolda itu sempat dikabarkan memiliki peran melobi Kamaruddin Simanjuntak untuk tidak telalu keras di kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat. 

Tiga Kapolda yang dikabarkan itu yakni; Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, dan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.

Menanggapi kabar itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, tidak ada keterlibatan tiga Kapolda terkait skenario Ferdy Sambo (FS) dalam kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Hal itu diketahui dari pendalaman dan pemeriksaan yang dilakukan Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri dan tim khusus.

"Terkait dengan keterlibatan tiga Kapolda di kasus FS, tim Propam, tim Irsus sudah memeriksa," kata Listyo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jumat (30/9/2022).

"Dan sampai saat ini, kesimpulannya tidak ada keterkaitan dengan skenario kasus FS."

Meski demikian, Kapolri tidak mengungkapkan siapa saja yang diperiksa dalam pengusutan dugaan keterlibatan 3 Kapolda tersebut.

Dia pun hanya mengatakan, hal tersebut disampaikan agar tidak lagi ada polemik terkait isu keterlibatan ketiga Kapolda dalam skenario yang dibuat eks Kadiv Propam Polri tersebut.

“Ini supaya menjadi jelas dan tidak polemik,” tegas Sigit.

Untuk diketahui, sebelumnya sempat beredar kabar keterlibatan 3 Kapolda dalam kasus obstruction of justice atau menghalang-halangi proses hukum dalam penanganan perkara pembunuhan Brigadir J.

Ketiga Kapolda tersebut diduga ikut menyebarkan cerita tembak-menembak dalam kasus kematian Brigadir J.

Adapun 3 Kapolda yang diisukan terlibat tersebut yakni, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Panca Putra, dan Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Nico Afinta.

Pada Selasa 6 September 2022, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Dedi Prasetyo, menyebut Polri telah menerima informasi soal ketiga Kapolda tersebut. Namun Dedi saat itu menyebut mereka belum diperiksa.

"Hasil keterangan tadi malam saya dengan Pak Irwasum dan Itsus, sampai dengan hari ini Itsus belum melakukan pendalaman dan pemeriksaan kepada yang bersangkutan," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 6 September 2022.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved