Breaking News:

Gempa Taput

170 Gardu PLN yang Rusak akibat Gempa di Tapanuli Utara Sudah Dipulihkan

Gempa bumi dengan kekuatan 6,0 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara pada Sabtu (1/10/2022) pukul 02.28 WIB.

Penulis: Diana Aulia | Editor: Randy P.F Hutagaol
TRIBUN MEDAN/HO
170 Gardu PLN Yang Rusak Akibat Gempa di Tapanuli Utara Dipulihkan 

TRIBUN-MEDAN,com, MEDAN - Gempa bumi dengan kekuatan 6,0 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara pada Sabtu (1/10/2022) pukul 02.28 WIB.

Dari pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Gempa Magnitudo 6.0 SR tersebut terjadi di Lokasi gempa pada 2.13 Lintang Utara, 98.89 Bujur Timur atau sejauh 15 km Barat Laut Tapanuli Utara pada kedalaman 10 kilometer.

Pada saat Gempa mengguncang Taput tersebut, arus listrik dibeberapa daerah padam total dan membuat Taput menjadi gelap gulita.

Baca juga: Penampilan Putri Candrawathi setelah Tes Kesehatan Jadi Sorotan Publik

Setidaknya terdapat 8 Kecamatan yang terdampak gempa yaitu Kecamatan Tarutung, Kecamatan Silalas Barita, Kecamatan Sipoholon, Kecamatan Siborong-Borong, Kecamatan Pagaran, Kecamatan Sipahutar, Kecamatan Pangaribuan dan Kecamatan Garoga.

Oleh karena itu, PT PLN (Persero) langsung mengatasi gangguan kelistrikan yang disebabkan Gempa 6,0 skala richter (SR) yang mengguncang Tapanuli Utara.

PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sibolga gerak cepat menurunkan puluhan petugas untuk mempercepat proses pemulihan gangguan yang disebabkan gempa tersebut.

"Berdasarkan laporan tim lapangan, terdapat beberapa tiang listrik tegangan menengah yang tumbang dan miring serta trafo distribusi berubah posisi akibat kuatnya gempa. Saat ini kami berupaya melakukan pemulihan agar listrik dapat pulih sepenuhnya," ujar Manager PLN UP3 Sibolga, Darwin Simanjuntak.

Dalam waktu 4 jam, PLN telah berhasil mengatasi sebagian daerah terdampak padam di antaranya adalah 3 dari 6 penyulang sudah normal kembali, 170 gardu distribusi sudah menyala kembali dari total 536 gardu distribusi yang terdampak.

Baca juga: FOTO-FOTO Gempa Bumi Tarutung, Kerusakan Bangunan dan Korban Luka-luka

Kemudian, saat ini listrik untuk 65.096 pelanggan sudah kembali menyala dari total 82.996 pelanggan terdampak.

"Tim terus bekerja mempercepat pemulihan kondisi kelistrikan di lokasi terdampak gempa ini, tentunya dengan mengutamakan keamanan," tambahnya.

PLN berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik. Bagi pelanggan yang membutuhkan layanan PLN dapat melapor melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui PlayStore atau AppStore.

(cr10/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved