Breaking News:

Liga 2

Dampak Tragedi Kanjuruhan Malang, Liga 1 dan Liga 2 Ditunda Sampai Waktu yang Tidak Ditentukan

Dampak kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang usai laga antara Arema FC melawan Persebaya, kompetisi Liga 1 mesti ditunda sepekan oleh PSSI.

Tribunnews/SURYA/PURWANTO
Suporter Arema FC, Aremania turun ke stadion usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022). Aremania meluapkan kekecewaannya dengan turun dan masuk kedalam stadion usai tim kesayangannya kalah melawan Persebaya Surabaya dengan skor 2-3. SURYA/PURWANTO 

TRIBUN-MEDAN.com,JAKARTA - Dampak kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang usai laga antara Arema FC melawan Persebaya, kompetisi Liga 1 mesti ditunda sepekan oleh PSSI.

Sekaitan dengan hal itu, operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) turut menghentikan sementara pelaksanaan Liga 2 musim 2022/2023.

Berdasarkan surat PT LIB yang diterima Tribun Medan bernomor 584/LIB-KOM/X/2022 tertanggal Jakarta, 3 Oktober 2022, kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 dihentikan sementara selama dua pekan.

"Bersama ini perkenankanlah PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan pemberitahuan bahwa kompetisi Liga 2 2022/2023 DITUNDA selama dua pekan dan perkembangan selanjutnya menunggu kebijakan otoritas Pemerintah melalui PSSI," tulis surat LIB.

Masih berdasarkan surat yang ditandatangani oleh Direktur LIB, Akhmad Hadian Lukita itu, penundaan dibuat merujuk dua hal. Di antaranya insiden pasca pertandingan Liga 1 musim 2022/2023 NP 96 antara Arema Vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang.

Selain itu penundaan juga merujuk rapat koordinasi pada tanggal 2 Oktober 2022 di Pendopo Kantor Bupati Malang yang dipimpin oleh Menko PMK.

Rapat itu juga turut dihadiri oleh Menpora, Kapolri, Gubernur Jawa Timur, Anggota Komisi X DPR RI, Kapolda Jawa Timur, Pangdam Brawijaya dan seluruh unsur terkait yang menangani tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang.

"Selanjutnya PT LIB akan terus melakukan komunikasi dan koordinasi kepada klub peserta Liga 2 musim 2022/2023 dan segala perkembangan akan diinformasikan pada kesempatan pertama," tulis surat itu.

Namun kabar terbaru Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI memutuskan menghentikan kompetisi sepak bola di Indonesia, mulai dari Liga 1 hingga Liga 2, sampai waktu yang tidak ditentukan.

"Untuk sementara kompetisi Liga 1 2022/2023 kami hentikan hingga waktu yang tidak ditentukan. Selain itu tim Arema FC dilarang menjadi tuan rumah selama sisa kompetisi musim ini," ucap Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan dikutip situs resmi PSSI. "PSSI menyampaikan duka yang mendalam terkait insiden ini. Kami juga meminta maaf kepada keluarga korban dan semua pihak. Tentu menjadi evaluasi PSSI agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Kami juga langsung membentuk tim investigasi untuk insiden ini. Tim sudah bekerja mulai hari ini,” tambahnya.

Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan penghentian kompetisi tidak hanya di Liga 1, tapi juga Liga 2. "Untuk yang Liga 1 [dan] Liga 2 kita hentikan," ujar Yunus ketika menghadiri konferensi pers di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Senin (3/10).

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga meminta PSSI menghentikan kompetisi. Jokowi meminta federasi sepak bola tertinggi Indonesia itu melakukan evaluasi dan perbaikan mengenai prosedur keamanan di dalam stadion.

"Saya memerintahkan PSSI untuk menghentikan Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," kata Jokowi.

Meskipun Liga 1 dan Liga 2 dihentikan sementara, namun Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia tetap akan berjalan.

Kualfikasi Grup B itu sudah berlangsung dari 1 Oktober lalu dan akan selesai pada 9 Oktober nanti. Selain Indonesia, grup ini diisi Guam, Uni Emirat Arab (UEA), Malaysia, dan Palestina.

"Untuk yang gelaran lainnya tidak terganggu apalagi untuk yang AFC. Kita juga berharap baik dari pihak pemerintah agar kita tetap laksanakan karena lima negara sudah ada di Indonesia," ujar Yunus.

(cr12/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved