Breaking News:

Sumut Memilih

DPD PDI Perjuangan Sumut Buka Pendaftaran Bacaleg untuk Pemilu 2024

DPD PDI Perjuangan buka pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk tingkat provinsi dan kabupaten/kota

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Array A Argus
istimewa/PDIP
Sekretaris DPD PDIP Sumut Soetarto saat membuka Rapat Koordinasi Bidang (Rakorbid) pemenangan pilkada serentak 2020, Rabu (16/9/2020). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara (PDIP Sumut) telah membuka pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk tingkat provinsi dan kabupaten/kota.  

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut, Soetarto mengatakan pendaftaran tersebut sudah berlangsung selama tiga minggu.

“Sudah berlangsung hampir tiga minggu. Kita sudah melakukan penjaringan, dan seluruh DPC partai, dari semua tingkatan kabupaten dan provinsi harus mengusulkan Bacalegnya 200 persen,” kata Soetarto di Kantor PDIP Sumut, Jalan Jamin Ginting Medan, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: PDI Perjuangan Rekomendasikan Anak Mendiang Asner Silalahi Jadi Wakil Wali Kota Siantar

Lebih lanjut, Soetarto mengatakan, pihaknya akan melakukan proses penjaringan di internal partai, setelah itu para Bacaleg akan menjalani psikotes.

PDI Perjuangan Sumut, kata dia, juga telah berkerja sama dengan Himpunan Psikolog Indonesia.

“Tahap berikutnya, akan ada penjaringan dan penetapan. Nanti pada saat mendaftar ke KPU, internal partai sudah selesai dan tinggal mendaftarkan pada Februari 2023,” ungkapnya.

Anggota DPRD Sumut ini menambahkan, sejauh ini pihaknya telah mendaftarkan seluruh bacaleg yang direkomendasikan pengurus DPC melalui link atau jalur online yang disediakan oleh DPP PDI Perjuangan.

Baca juga: Putra Almarhum Asner Silalahi Dapat Perahu PDI Perjuangan, Dicalonkan Jadi Wakil Wali Kota Siantar

“Hari ini sudah terdaftar hampir 90 persen, sehingga masih ada beberapa yang harus kami saring kembali, ada beberpa dokumen ada nanti tinggal kita link ke DPP,” ungkapnya.

Ia mengatakan, DPD PDIP Sumut memberikan arahan kepada DPC dengan wajib mengusulkan Caleg 200 persen dari alokasi kursi masing-masing di daerahnya.

“Misalnya, DPRD Sumut ada 100 alokasi kursi, maka DPD PDIP Sumut harus mengusulkan ke DPP 200 persen berarti 200 Bacaleg,” ucapnya.

Menanggapi soal adanya Bacaleg yang akan mendaftar bukan kader atau anggota PDI Perjuangan, Soetarto mengatakan, PDI Perjuangan pada prinsipnya adalah partai yang terbuka dan transparan.

Baca juga: Alasan Megawati Copot Dosmar Banjarnahor Sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan, Padahal Baru Sambut Puan

Ia juga menyarankan, kepada tokoh-tokoh masyarakat yang ingin mendaftar dan ingin mengikuti penjaringan, PDIP membuka secara umum.

“Jadi, silakan bagi tokoh-tokoh masyarakat yang ikut penjaringan Bacaleg PDIP, kita persilakan secara terbuka. Tapi, paling utama prinsipnya ada komitmen pada ideologi Pancasila dan UUD 45, kemudian bhineka tunggal ika dan NKRI, ini saja menjadi persyaratan utama bagi PDIP yang ingin mengikuti penjaringan untuk di Bacalag ke depan,” pungkasnya.(cr14/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved