Pilpres 2024

Pengamat Politik Sebut Elektabilitas Anies Baswedan Mampu Bersaing dengan Capres Manapun

Pengamat politik menyebut bahwa elektabilitas Anies Baswedan mampu bersaing dengan calon presiden lain

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Array A Argus
TRIBUNNEWS
Anies Baswedan capres Nasdem 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Partai Nasdem resmi mendeklarasikan Anies Baswedan untuk didukung sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 mendatang.

Deklarasi terhadap Anies Baswedan itu dinyatakan langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh di kantor DPP Nasdem, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Melihat hal ini, pengamat politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Sohibul Anshor Siregar mengatakan, Anies Baswedan memiliki elektabilitas yang tidak lemah.

Baca juga: Niluh Djelantik Pilih Cabut dari Nasdem Setelah Tahu Calon Presiden Anies Baswedan

Hal ini, kata Sohibul, tak terlepas dari kinerjanya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Informasi tentang elektabilitas Anies selama ini banyak ditingkahi oleh hasil-hasil survey yang terpaut dengan rencana kelompok-kelompok politik untuk mengajukan calonnya sendiri. Namun sepanjang pengamatan saya, tak hanya untuk Sumatera Utara, elektabilitas Anies tidak lemah dan bahkan ia sebetulnya leading dibanding dengan calon mana pun," kata Sohibul saat dihubungi tribun-medan.com, Selasa (4/10/2022).

Sohibul menilai, pernyataan Anies pascadideklarasikan sebagai capres, merupakan komitmennya ke depan.

Baca juga: Respon Nasdem Deliserdang Usai Surya Paloh Deklarasikan Anies Baswedan Sebagai Calon Presiden 2024

"Dari pernyataan itu saya menggarisbawahi pertama, Anies menyadari bahwa meskipun menerima tantangan itu ia bukanlah seseorang yang sempurna. Ia mengharapkan kolaborasi untuk perubahan Indonesia," 

"Kedua, ia memaknai kesediaannya menjadi capres untuk merealisasikan cita-cita pembangunan demokrasi yang bersanding dengan kebebasan dan kesejahteraan. Karena itu, meskipun belum dituangkan di dalam dokumen visi, misi, program prioritas bersama pasangannya, namun sesuatu harus dicatat dari Anies sebagai sebuah komitmen," kata Sohibul.

Terkait kemungkinan ada partai politik lain yang akan mengusung capres yang sama, Sohibul melihat bisa saja terdapat perbedaan antara capres yang terkait dengan cita-cita politik partai dengan capres pilihan konstituen partai atau masyarakat.

Baca juga: Pilpres Dua Tahun Lagi, Driver Ojek di Kota Medan Deklarsi Cak Imin Jadi Calon Presiden

"Posisi partai akan mengikuti kebijakan pimpinan pusatnya yang juga bermaksud memenangkan figur yang akan mereka usung dan hal itu dapat terkait dengan bobot kekuasaan Presiden Joko Widodo saat ini yang tentu saja seiring waktu akan semakin melemah ke depan,"

"Memang bisa saja parpol tertentu tidak mendukung, namun konstituennya membelok ke Anies. Kejadian serupa ini lazim terjadi dalam demokrasi," pungkasnya.

Berikut pernyataan lengkap Anies Baswedan usai dideklarasikan sebagai capres oleh Partai Nasdem:

Yang saya hormati, yang kami banggakan, yang kami teladani Bapak Surya Paloh, Ketua Umum Partai Nasional Demokrat. 

Yang saya hormati, yang saya banggakan seluruh keluarga besar NasDem dan seluruh hadirin sekalian yang saya hormati.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved