Capres 2024

ANIES Baswedan Berpeluang Kalah Pilpres Jika 2 Sosok Ini Maju dengan Pasangannya di Pemilu 2024

Anies Baswedan Berpeluang Menang Pilpres Selama Lawannya Bukan Dua Sosok Ini. Begini Kata Pengamat.

KOMPAS.com/ADHYASTA DIRGANTARA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam pengumuman deklarasi Capres 2024 di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022). Pengamat : Anies Baswedan Berpeluang Menang Pilpres Selama Lawannya Bukan Dua Sosok Ini 

TRIBUN-MEDAN.COM - Mesin politik partai untuk persiapan menuju pesta demokrasi Indonesia yakni Pilpres dan Pemilu 2024 tampaknya sudah mulai dipanaskan.

Bahkan Partai NasDem jauh-jauh hari sebelum Pilpres digelar sudah berani mengumumkan bakal calon presiden 2024 yang akan diusung.

Ya, belum lama ini, Surya Paloh mengumumkan bahwa partainya, NasDem bakal mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024.

Isu beredar kencang, Anies bakal menggandeng Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY sebagai Cawapres 2024.

Namun, meskipun menggandeng Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY di Pilpres 2024,  peluang Anies Baswedan memenang Pilpres 2024 sangat kecil jika lawannya di Pilpres adalah Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan, Anies Baswedan unggul atau tidak di Pilpres tergantung siapa yang dilawan.

"Kalau yang dilawan itu misalnya Ganjar sama Sandi (Sandiaga Uno) agak berat bagi Anies dan AHY karena Ganjar dan Sandi relatif lebih unggul,” ucap Adi kepada KOMPAS.TV, Jumat (7/10/2022).

“Kalau Anies versi Prabowo-Puan relatif kompetitif lah, berimbang sedangkan jika Prabowo sama RK (Ridwan Kamil) sedikit unggul Prabowo.

Baca juga: Kenangan Lama, Lydia Kandou Bongkar Alasan Mau Nikahi Jamal Mirdad yang Masih Punya Istri, Rahasia?

Pengamat politik UIN Jakarta dan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno. Pengamat : Anies Baswedan Berpeluang Menang Pilpres Selama Lawannya Bukan Dua Sosok Ini
Pengamat politik UIN Jakarta dan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno. Pengamat : Anies Baswedan Berpeluang Menang Pilpres Selama Lawannya Bukan Dua Sosok Ini (Tribunnews.com/Chaerul Umam)

Adi menuturkan, kepastian Anies Baswedan menang Pilpres 2024 hanya terjadi jika lawannya bukan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

“Anies akan memang kalau yang dilawan itu tidak masuk dalam top three itu,” ujarnya.

Selain itu, ungkap Adi, unggul atau tidaknya Anies dalam Pilpres 2024 tergantung kepada pilihan siapa cawapresnya.

Oleh karena itu, lanjut Adi, jangan sampai capres atau partai pengusung salah memilih cawapresnnya di pilpres.

Kenang Masa Pemerintahan Dipimpin SBY

Seperti diketahui, Anies Baswedan bertemu dengan putra SBY, AHY, di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022).

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved